4 Hal Yang Perlu Diketahui Saat Buka Puasa Di Masjidil Haram

By May 7, 2019 Berita
5-Hal-Yang-Perlu-Diketahui-Saat-Buka-Puasa-Di-Masjidil-Haram

Menjelang bulan suci Ramadhan, ada baiknya kita memperbaiki diri dengan banyak melakukan kebaikan. Mulai dari shalat lima waktu, memperbanyak sedekah, menunaikan umroh hingga merasakan buka puasa di Masjidil Haram. Tentunya, hal tersebut baik untuk menenangkan hati agar lebih sabar, serta dijauhkan dari segala keburukan.

Berbicara puasa pasti tak terlepas dari acara buka bersama dengan keluarga atau kerabat dekat. Apakah Anda memiliki cerita menarik akan hal itu? Karena di Masjidil haram ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat buka puasa bersama.

Kira-kira apa sajakah? Simak 5 hal berikut ini :

  • Tidak Diperboleh Membawa Makanan Dari Luar Tanpa Pengamanan yang Benar

Demi menjaga kebersihan, setiap jamaah tidak diperbolehkan membawa makanan dari luar saat berbuka puasa di Masjidil Haram. Hal ini untuk menghindari jumlah sampah yang banyak atau makanan berceceran di sembarang tempat karena dapat mengganggu kenyamanan jamaah ketika beribadah.

Baca Juga :  INILAH MASJID SAKRAL YANG PALING DIPEREBUTKAN DI DUNIA

Lagipula, Anda tidak perlu khawatir kekurangan makanan soalnya masyarakat Madinah selalu menyiapkan hidangan buka puasa bagi para jamaah, seperti takjil, minuman, hingga makanan besar.

  • Setiap Petugas Pembagi atau Penyedia Konsumsi Wajib Menggunakan Sarung Tangan

Dewan pengurus masjid menetapkan aturan untuk setiap petugas pembagi atau penyedia konsumsi wajib menggunakan sarung tangan, agar kebersihan makanan tetap terjaga. Selain itu, buka puasa di Masjidil Haram tidak menggunakan prasmanan, namun para jamaah makan di satu shaf yang sama secara bersamaan. Jadi, makanan akan dibagikan langsung oleh petugas untuk para jamaah.

  • Konsumsi akan Dihidangkan 1.5 Jam Sebelum Adzan Maghrib

Buat Anda yang baru mencoba buka puasa di Masjidil Haram jangan heran kenapa 1.5 jam sebelum adzan maghrib. Hal ini untuk menghindari keributan saat pembagian makanan berlangsung. Dengan banyaknya jamaah hadir tidak dapat dipungkiri dapat menimbulkan kekacauan, maka peraturan tersebut diterapkan.

Baca Juga :  KETAHUI RAHASIA BERIKUT INI TENTANG KEAGUNGAN HARI ARAFAH

Apalagi jumlah makanan yang disiapkan buka hanya 20 atau 30 pak, namun untuk ratusan jamaah dari berbagai negara. Dengan begitu, setiap orang bisa mencicipi hidangan dengan nyaman.

  • Setiap Dermawan yang Ingin Menyumbang Makanan, Perlu Menyiapkan Alat Pembersih

Jika Anda ingin memberikan sumbangan saat buka bersama di Masjidil Haram, maka jangan lupa untuk menyiapkan alat pembersih. Hal tersebut guna menjaga kebersihan Masjidil Haram tetap terjaga.

Dengan semakin banyaknya jamaah yang hadir, para panitia pun lebih memperketat peraturan, baik untuk jamaah atau dermawan yang ingin menyumbang. Supaya para jamaah tetap nyaman beribadah di Masjidil Haram.

Demikian hal-hal yang perlu Anda ketahui sebelum buka puasa di Masjidil Haram, sehingga dapat mempermudah untuk beradaptasi dengan suasana tersebut.

1
Assalamualaikum,
ada yang bisa kami bantu ?
Powered by