7 Tips Umroh untuk Wanita sebelum Keberangkatan

By February 11, 2020 ESQ Umrah
7-Tips-Umroh-untuk-Wanita-sebelum-Keberangkatan

Secara syariat dan terminologi fiqih, umroh berarti mengunjungi kota Mekah untuk melakukan ibadah dengan tata cara tertentu. Berbeda dengan ibadah haji yang harus dikerjakan pada bulan Zulhijah setiap tahun, ibadah umroh dapat dilakukan kapan saja tidak terikat oleh waktu. 

Meskipun perjalanan umroh ini hanya berlangsung selama 9–14 hari, tetapi  membutuhkan perencanaan yang baik. Calon jemaah, khususnya wanita, perlu memperhatikan tips umroh untuk wanita. Apalagi bagi yang baru pertama kali melakukan ibadah umroh ini. Anda harus melakukan check list persiapan sebelum berangkat umroh secara rohani maupun jasmani.

1. Menjaga Kesehatan Badan 

Bagi para wanita yang jarang berolahraga, mulailah untuk latihan berjalan kaki atau jogging setiap hari. Lakukan sebagai persiapan sebelum berangkat sehingga fisik Anda akan terbiasa dan daya tahan tubuh lebih kuat. Pasalnya, Anda akan  melakukan tawaf, sai, dan berjalan kaki ke masjid untuk beribadah. Aktivitas yang akan banyak menguras tenaga.

2. Menjaga Kesehatan Rohani

Tips umroh untuk wanita yang tidak kalah penting yaitu menjaga kesehatan rohani. Selain fisik, Anda juga perlu mempersiapkan hati agar dapat belajar ikhlas dan sabar. Selain itu, jangan lupa banyak berdoa agar ibadah umroh Anda nantinya bisa berjalan dengan lancar.  

3. Persiapan Membaca Panduan Umroh dan Doa-Doa

Baik pria maupun wanita juga wajib membaca dan mempelajari buku panduan umroh yang di dalamnya berisi rukun umroh beserta larangannya, doa-doa yang harus dibaca saat menjalankan rukun umroh, hingga panduan salat sunah,  termasuk salat jenazah. 

Perlu diketahui bahwa di Masjid Nabawi dan Masjidil Haram, hampir setiap selesai salat wajib akan dilakukan salat jenazah. Jadi, jangan lupa untuk membawa buku doa saku atau Alquran kecil. 

4. Persiapan Pakaian Umroh

Baca Juga :  Ini 8 Tempat Doa Mustajab saat Umroh yang Wajib Diketahui

Persiapan perlengkapan kebutuhan umroh seharusnya sudah dilakukan seminggu sebelum berangkat. Salah satu Tips umroh untuk wanita ialah sebaiknya membawa baju gamis atau baju terusan. Dengan demikian, Anda tidak perlu membawa mukena saat hendak salat.  Persiapkan juga sandal atau sepatu, kaos tangan, kaos kaki, serta kerudung. 

5. Persiapan Perlengkapan Mandi dan Perlindungan Wajah

Selain membawa tas koper besar (yang biasanya dibagikan oleh agen travel), pastikan Anda juga  membawa tas tangan untuk disimpan di kabin pesawat. Tas ini berisikan baju ganti, perlengkapan mandi,  handuk, pelembap wajah dan bibir, serta tabir surya. 

Anda juga perlu membawa kacamata hitam dengan pelindung UV serta payung kecil atau topi untuk menahan terik matahari. Sementara saat umroh di musim dingin, Anda perlu membawa syal atau jaket karena Anda akan membutuhkannya saat tawaf dan ziarah, serta selama berada di pesawat.

6. Perbekalan Uang

Tentunya tips umroh untuk wanita tidak lengkap bila tidak menyinggung masalah uang. Pasalnya, para wanita suka berbelanja atau sekadar membeli oleh-oleh. Namun, Anda sebaiknya membawa perbekalan uang secukupnya saja agar tidak tergoda untuk terlalu banyak belanja. 

Maklum kaum wanita terkadang tidak bisa mengontrol diri untuk berbelanja khususnya saat membeli oleh-oleh. Siapkan pecahan uang rupiah dalam Rp50 ribu atau Rp100 ribuan. Untuk penukaran uang Riyal, sebaiknya Anda lakukan di Mekah atau Madinah karena lebih murah jatuhnya. 

7. Persiapan Komunikasi

Baca Juga :  Ingin Umroh di Usia Muda ? Pahami 5 Langkah ini

Alat komunikasi atau telepon genggam sangat dibutuhkan guna membantu kelancaran komunikasi para wanita dengan keluarga kelompok umroh atau keluarga di Tanah Air. 

Ketahui pula jika Anda berkomunikasi dengan keluarga di tanah air, akan berlaku tarif international roaming. Jadi, jika menerima telepon dari tanah air, Anda juga harus berhati-hati.

Gunakan sim card operator seluler lokal saat berada di Saudi Arabia agar dapat berhemat, seperti Zein, Mobile, atau Al-Jawwal. Anda bisa mendapatkan kartu perdana ini di Mekah ataupun Madinah.  Biaya telepon dengan kartu telepon Saudi Arabia jatuhnya lebih murah, dibandingkan jika Anda menggunakan kartu telepon Indonesia. 

Nah, itulah 7 tips umroh untuk wanita yang bisa Anda terapkan. Jadi, jika Anda berencana menjalankan ibadah umroh dalam waktu dekat, mengapa tidak menghubungi ESQ Tours saja?  ESQ Tours adalah agen tour travel terbaik dan tepercaya di Indonesia karena pernah meraih World Halal Tourism Awards. Jadi, kapan Anda siap berangkat umroh?

1
Assalamualaikum,
ada yang bisa kami bantu ?
Powered by