Inilah Biaya Haji Plus 2020 yang Wajib Dicermati

By January 3, 2020 ESQ Haji
Inilah-Biaya-Haji-Plus-2020-yang-Wajib-Dicermati

Salah satu syarat ibadah haji adalah mampu secara finansial dan tersedianya alat transportasi. Di Indonesia, ada dua cara yang dapat dilakukan untuk menjadi calon jemaah haji, yakni secara reguler dan plus. ONH atau Ongkos Naik Haji Reguler diselenggarakan oleh pemerintah, sedangkan ONH Plus diadakan oleh pihak swasta di bawah pengawasan pemerintah.

Ingin tahu berapa biaya Haji Plus 2020? Simak perinciannya di bawah ini.

Kisaran Biaya Haji Plus 2020 Kuota Kementerian Agama RI

Agen tur swasta biasanya menyediakan beberapa program Haji Plus yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Sebagai gambaran, ada program Haji Plus dengan kuota resmi dari Kementerian Agama. Ada pula Haji Plus yang tidak mendapat jaminan dari pemerintah RI dan biayanya jauh lebih mahal. Sebaiknya pilih Haji Plus dari pemerintah agar uang tidak disalahgunakan oleh oknum tak bertanggung jawab.

Biaya Haji Plus dari Kementerian Agama tahun depan berkisar antara 10.000 hingga 15.000 USD. Anda bisa mengkonversinya ke rupiah sesuai dengan kurs yang sedang berlaku saat ini. Untuk pendaftaran awal, uang muka yang ditetapkan umumnya adalah 5.000 USD.

Dari segi penggunaan kamar menginap, harganya pun berbeda-beda. Biaya haji khusus terbagi menjadi tiga, yakni Quad untuk 4 orang, Triple untuk 3 orang, dan Double untuk 2 orang per kamar. Harga Quad dipatok sekitar 10.000 USD; Triple dengan biaya sekitar 11.000 USD; dan Double di kisaran 12.000 USD. Harga-harga tersebut telah mengalami peningkatan dibandingkan tahun 2019.

Baca Juga :  Berapa Lama Masa Tunggu Haji Plus?

Fasilitas-Fasilitas Haji Plus

Paket Haji Plus umumnya sudah termasuk beberapa fasilitas. Dari segi akomodasi, jemaah difasilitasi tiket pesawat pulang―pergi; akomodasi di Makkah, Madinah, dan Jeddah; serta ziarah dengan transportasi lokal. Selain itu, calon jemaah juga akan ditemani dengan pembimbing ibadah yang berpengalaman. Paket Haji Plus termasuk pajak bandara, visa haji, konsumsi beberapa kali sehari, dan air Zamzam.

Haji Plus biasanya tidak memfasilitasi pembuatan paspor dan dokumen perjalanan; kelebihan bagasi, biaya dam, biaya muhrim, serta meningitis. Tak hanya itu, acara atau tur yang dilakukan di luar program juga tidak akan ditanggung agen tur haji. Pengeluaran pribadi seperti tagihan telepon, penatu, dan belanja oleh-oleh juga ditanggung personal.

Akomodasi menginap yang disediakan setiap agen berbeda. Ada yang menyediakan hotel berbintang 3 hingga bintang 5. Jarak hotel untuk jemaah Haji Plus juga terbilang dekat dengan lokasi pelaksanaan haji. Jika dibandingkan Haji Reguler yang berjarak 3―5 km, tentunya ini menjadi keuntungan tersendiri. Anda tidak perlu mengkhawatirkan konsumsi karena sudah disediakan menu siap santap.

Bagaimana Cara Membayarnya?

Pada saat calon jemaah melakukan pendaftaran, diharuskan menyerahkan setoran awal terlebih dahulu. Setelah itu, jemaah akan mendapatkan BPIH atau Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji yang berisi data, jumlah setoran, dan nomor porsi jemaah. Butuh waktu sekitar 5―7 tahun sebelum calon jemaah bisa berangkat ke Baitullah. Selanjutnya, pelunasan BPIH saat tahun keberangkatan tiba.

Baca Juga :  Keutamaan Ibadah Haji Yang Perlu Anda Ketahui

Pilih Haji Plus atau Haji Reguler?

Jika sudah berumur lebih dari 50 tahun, Anda disarankan untuk memilih Haji Plus. Biaya Haji Plus 2020 memang tidaklah murah. Namun, lebih baik daripada harus menunggu belasan hingga puluhan tahun sebelum berangkat haji. Belum lagi, kebutuhan akomodasi dan konsumsi yang telah disiapkan oleh pihak agen perjalanan sehingga memudahkan keseharian selama di tanah suci.

Apabila masih berusia muda dan memiliki bujet yang tidak terlalu banyak, tak ada salahnya mendaftar Haji Reguler. Masa tunggu keberangkatan Haji Reguler saat ini memang sangat lama, apalagi kuota jemaah di Indonesia terus bertambah. Butuh waktu belasan hingga puluhan tahun sebelum bisa berangkat ke Baitullah. Namun, selama masa penantian, Anda dapat menabung untuk melunasi setoran BPIH.

Sudahkah Anda menabung untuk keperluan perjalanan haji? Setelah melihat perincian biaya Haji Plus 2020 di atas, tentunya akan lebih mudah dalam memperkirakan pengeluaran Anda. Di mana Anda bisa memesan jasa perjalanan Haji Plus yang berkualitas? Jawabannya adalah ESQ Tours, agen tur terbaik dan tepercaya di Indonesia peraih World Halal Tourism Awards.

1
Assalamualaikum,
ada yang bisa kami bantu ?
Powered by