Kisah Menarik Dibalik Bangunan Hagia Sophia Di Turki

By March 11, 2019 ESQ Leisure
Kisah-Menarik-Dibalik-Bangunan-Hagia-Sophia-Di-Turki

Meaningful Journey – Turki merupakan salah satu negara yang memiliki banyak destinasi mengagumkan dan wajib untuk Anda kunjungi. Tidak hanya indah sebagai pemandangan, namun memiliki kisah sejarah yang menarik.

Mengunjungi negara yang satu ini seperti berjalan di sebuah Museum yang besar dan luas. Setiap tempat memiliki cerita masing-masing dan dapat menambah wawasan pengetahuan Anda, khususnya dalam Keislaman.

Seperti yang diketahui, pada masa silam Turki menjadi negara Islam yang terkuat. Bahkan banyak negara yang menjadi sekutunya saat itu, sehingga memperluas penyebaran ajaran Islam.

Bangunan-bangunan tua yang terdapat di Turki pun menjadi saksi dari peradaban Islam di masa silam.  Salah satu yang menarik perhatian dan memiliki segudang kisah adalah Hagia Sophia.

Hagia Sophia lebih dari sekadar destinasi, tempat ini merupakan bukti peradaban bangsa Turki. Jika Anda berkunjung ke sana, hal  tersebut dapat dilihat dari setiap ukiran pada dinding.

Baca Juga :  Nikmati Paket Wisata Halal Korea Bersama ESQ Tours Travel

Hagia Sophia

Bangunan tua yang satu ini memiliki arti yang indah, yakni “Kebijaksanaan Suci”, sehingga tidak heran bahwa Hagia Sophia dijadikan tempat ibadah. Dengan makna kesucian ini melambangkan bahwa Sang Maha Kuasa akan selalu menjadi Hagia Sophia.

Namun, awalnya  Hagia Sophia adalah Gereja Ortodoks Yunani yang dibangun oleh Kaisar Justinian I. Tempat ini didirikan pada tahun 537 Masehi, dan masih berdiri sampai sekarang.

Setelah Konstantinopel berhasil dikalahkan Ottoman Turki yang dipimpin oleh Sultan Mahmed II, bangunan Hagia Sophia berubah menjadi tempat ibadah untuk Muslim. Tepatnya, pada tahun 1453 bangunan Hagia Sophia dikonversi menjadi Masjid.

Akan tetapi,  ukiran-ukiran atau simbol gereja yang terdahulu tidak dihapuskan begitu saja. Hal ini dilakukan untuk menghormati kekaisaran sultan sebelumnya. Walaupun begitu, Anda tetap akan melihat lafaz Allah SWT di dinding Hagia Sophia.

Baca Juga :  4 Destinasi Wisata Jepang yang Paling Populer

Bangunan yang terkenal dengan kubah besarnya ini ditutup oleh pemerintah Republik Turki pada tahun 1931. Kemudian, dibuka kembali pada tahun 1935 dan dijadikan museum bagi masyarakat.

Di bangunan ini pun terdapat surat-surat peninggalan Sultan Utsmaniyah, seperti surat sertifikat untuk para pengungsi Yahudi pasca runtuhnya pemerintahan Islam di Al-Andalus, Spanyol, surat terima kasih dari pemerintah Amerika atas bantuan pangan pasca revolusi Amerika di abad ke-18, dan masih banyak lagi.

Kisah-kisah menarik dibalik Hagia Sophia, membuat bangunan ini menjadi destinasi yang wajib dikunjungi oleh wisatawan. Di sini kalian dapat mendapatkan pengetahuan sejarah yang lebih luas, khususnya pada Keislaman. Dan Anda akan mengetahui betapa hebat Islam dalam merubah kehidupan.

By : Diana

1
Assalamualaikum,
ada yang bisa kami bantu ?
Powered by