Kisah Nabi Ibrahim As menjadi awal mula Ibadah Haji

By February 20, 2018 May 24th, 2018 ESQ Haji
ESQ Tours Travel | Ibadah Haji

Berbicara tentang perintah ibadah haji, mari kita kilas balik tentang kisah Nabi Ibrahim As . Nabi Ibrahim menikah dengan seorang wanita bernama Sarah. Selama berpuluh-puluh tahun beliau menikah, tak kunjung mempunyai anak.

Sulitnya mendapatkan anak merupakan sebuah cobaan bagi Nabi Ibrahim dan Istrinya. Padahal, Nabi Ibrahim sangat menginginkan keturunan yang bisa meneruskan dakwahnya.

Sarah, Istri dari Nabi Ibrahim pun berbaik hati. Beliau diizinkan menikah lagi oleh Siti Hajar. Dari pernikahannya dengan Siti Hajar, beliau dikarunia anak, yaitu Nabi Ismail As. Kelahiran Nabi Ismal sangat membuat hati Nabi Ibrahim bahagia. Karena, beliau sudah mendambakan keturunan sudah sejak lama.

Kebahagiaan Nabi Ibrahim ternyata membuat hati Sarah merasa bersedih. Nabi Ibrahim mengadukan permasalahan ini kepada Allah SWT. Allah memerintakan Nabi Ibrahim untuk pergi jauh dari Palestina.

Kemudian, Malaikat Jibril turun ke bumi untuk mengantar kepergian Nabi Ibrahim, Siti Hajar dan Nabi Ismail. Sampailah mereka di sebuah tempat gersang, sepi tak berpenghuni. Nabi Ibrahim mendirikan sebuah tenda untuk berlindung anak dan istrinya. Tak lama kemudian, Nabi Ibrahim diperintahkan untuk kembali ke Palestina.

Ketika ditinggal oleh Nabi Ibrahim, tiba-tiba Nabi Ismail menangis keras karena kehausan. Siti Hajar pun mencari cari sumber air diantara bukit Shafa dan Marwa. Ia berlari-lari diantara kedua bukit itu selama 7 kali. Peristiwa inilah yang menjadi awal mula ritual Sa’i.

Ketika Siti Hajar kembali, ia pun terheran. Karena Nabi Ismail berhenti menangis. Ketika itu pula ia melihat air mengalir dari bawah kaki Nabi Ismail.

Siti Hajar penasaran kemudian menggali pasir. Ketika sedang menggali, ada air memancar. Ternyata disitu terdapat sumber air zam-zam yang masih ada hingga saat ini.

Beberapa tahun kemudian di kalan Nabi Ibrahim dan Siti Hajar sudah berkecukupan, Bani Ibrahmin mendapat wahyu dari Allah untuk menyembelih anaknya.

Di satu sisi, Nabi Ibrahim harus menjalani perintah Allah. Namun di sisi lain, beliau merasa sedih karena artinya beliau harus kehilangan anak yang sangat dicintainya. Kemudian, Nabi Ibrahim menyampaikan perintah Allah itu kepada Nabi Ismail dan Siti Hajar. Dengan lapang hati, Ismail dengan rela dikobarkan jika memang itu perintah dari Allah Swt.

Baca Juga :  Spiritual of Hajj

Dan tiba saatnya Nabi Ismail disembelih. Banyak sekali setan yang mengganggu proses penyembelihan tersebut. Dengan sigapnya, Nabi Ibrahim melempar batu ke arah setan yang menggoda proses tersebut. Dalam proses ritual ibadah Haji, ini yang menjadi asal mula prosesi lempar jumroh.

Dan saat Nabi Ibrahim ingin menyembelih leher Nabi Ismail, Allah kemudian memberi wahyu dan memberikan seekor domba sebagai pengganti Nabi Ismail. Ini yang awal mula Hari Raya Idul Adha.

Setelah Nabi Ismail beranjak dewasa, Allah memerintahkan Nabi Ibrahim dan Ismail untuk membangun Ka’bah. Ka’bah dibangun hingga ketinggian 7 hasta.

Malaikat Jibril pun turut andil dengan menunjukkan posisi peletakan batu Hajar Aswad.

ESQ-Tours-Travel-Paket-umroh-ramadhan-idul-fitri-2018
Setelah Ka’bah sudah terbangun, Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail melakukan ibadah Haji. Di tanggal 8 Dzulhijah, Malaikat Jibril kembali turun ke bumi dan menyampaikan pesan untuk menyebarkan air zam-zam kebeberapa tempat di sekitar Ka’bah seperti Mina dan Arafah. Hari ini disebut dengan Hari Tarwiyyah atau hari pendistribusian air.

Setelah melakukan haji dan mendistribusikan air am-zam, Nabi Ibrahim berdoa kepada Allah SWT. Sebagaimana doa yang tercantum dalam surat Al Baqarah aayat 126

Setelah membangun Ka’bah, Nabi Ibrahim dan Ismail melakukan ibadah haji. Pada tanggal 8 Dzulhijjah, Jibril turun dan menyampaikan pesan untuk mendistribusikan zam zam ke beberapa tempat seperti Mina dan Arafah. Hari itu pun dikenal sebagai hari Tarwiyyah atau hari pendistribusian air. Selesai melakukan dua hal tersebut, Nabi Ibrahim berdoa pada Allah, seperti yang tercantum di Al Baqarah ayat 126.

…Dan (ingatlah), ketika Ibrahim berdoa: “Ya Tuhanku, jadikanlah negeri ini negeri yang aman, dan berikanlah rezki kepada penduduknya dari (berbagai macam) buah-buahan, (yaitu penduduknya) yang beriman di antara mereka kepada Allah dan hari kemudian.” Allah berfirman: “Dan siapa yang kafir maka Aku beri kesenangan sementara, kemudian Aku memaksanya menjalani siksa neraka dan itulah seburuk-buruk tempat kembali“. ( Q.S Al Baqarah : 126 )

Baca Juga :  Tips Menghadapi Cuaca Di Mekkah dan Madinah

Begitulah kisah singkat tentang awal mula ibadah Haji. Impian semua umat Islam, bisa menginjakkan kaki ke Tanah Suci dan menunaikan Ibadah Haji. Semoga kita semua, diberikan kesempatan untuk menunaikan Ibadah Haji. Aamiin.

ESQ TOURS TRAVEL kembali membuka pendaftaran Haji Plus 2018 ini, untuk masa tunggu 3 sampai 5 tahun.

Nah, pastinya Anda bertanya, apa sih bedanya ESQ tours dgn penyelenggara lain?
Dengan Berhaji melalui ESQ tours, Anda akan mendapatkan :
(+) Pemaknaan diri di setiap rukun haji indoor & outdoor
(+) Dibimbing langsung oleh Trainer ESQ
(+) Fasilitas dokter umum
(+) Fasilitas hotel dekat dgn Masjidil Haram
(+) Manasik Haji plus training ESQ

Berhaji dengan ESQ Tours, membuat Anda seperti hadir di ruang Training dengan layar langsung dari Allah selama 23 hari.

 

Berikut ini merupakan salah satu testimony jamaah haji khusus yang berangkat melalui ESQ Tours.

“Setelah mengikuti ESQ training dan merasakan perubahan dalam memaknai hidup menimbulkan cita-cita yang sangat kuat untuk bisa menjalankan rukun islam ke 5 yaitu ibadah Haji. Alhamdulillah pada tahun 2016 Allah mengijinkan kami untuk datang ke Tanah Suci. Tentu saja ESQ tour menjadi pilihan pertama kami. Berangkat haji bersama kawan-kawan alumni ESQ dan ditambah “Pemaknaan” dari setiap ritual ibadah menjadikan ibadah ini bukan hanya sekedar ritual saja melainkan juga untuk menumbuhkan nilai-nilai spiritual dalam kehidupan kami kedepan dan rasa cinta kepada Allah dan Rasul-Nya. Terima kasih untuk ESQ Tour yang telah membantu kami.”

Hardiyan djamaris, Manager Oilserv – Iraq

Untuk pendaftaran haji melalui ESQ TOURS, silakan kunjungi langsung :

Leave a Reply

1
Assalamualaikum,
ada yang bisa kami bantu ?
Powered by