Lokasi Dim Sum Halal di Hong Kong – Plesiran ke Hong Kong

By March 8, 2014 ESQ Haji

BAGI para penggemar dim sum, menemukan makanan tersebut dalam keadaan halal di Tanah Air bukanlah sesuatu yang sulit. Namun, bagaimana dengan di Hong Kong? Menemukan dim sum tanpa daging babi di sana tentunya bukanlah hal yang mudah. Berikut tips mencari dim sum halal saat plesiran ke Hong Kong.

Bila Anda tengah berada di Hong Kong dan ingin mencicipi dim sum halal, datang saja ke Islamic Centre Canteen (ICC) di Wanchai. ICC menawarkan dim sum halal saat jam makan siang dan hidangan Kanton pada saat makan malam.

Dengan populasi muslim yang cukup besar di Hong Kong dan kunjungan umat muslim dari Asia Tenggara, ICC menawarkan hidangan lokal alternatif yang bersahabat dengan umat muslim. Mereka menawarkan masakan kari halal dan pilihan makan vegetarian.

Di ICC juga disediakan dim sum tanpa daging dan lemak babi yang banyak dipesan orang. ICC di Masjid Ammar di Wanchai dibuka pada 2005. Ini adalah salah satu dari dua restoran masakan halal China di Hong Kong dan satu-satunya yang menawarkan masakan Kanton. Tak main-main, makanannya juga telah disertifikasi halal oleh Dana Masyarakat Islam dari Hong Kong.

Baca Juga :  Xian Kotanya Umat Muslim di Cina

Makanan di sini dipastikan halal dan menggunakan daging segar dari daratan China dan Brasil. Para koki di kantin ini telah dilatih memasak makanan halal dan telah menemukan resep jitu menggantikan daging babi tradisional dengan pilihan lain yang juga lezat.

Rasa dim sum halal di kantin Islamic Centre sedikit berbeda dari dim sum tradisional Kanton karena tidak adanya lemak babi, yang biasanya ditambahkan sebagai penambah rasa pada dim sum tradisional. Maka itu, daging sapi halal, ayam, dan makanan laut digunakan sebagai pengganti daging babi dalam dim sum.

Baca Juga :  Pelajaran Berharga dari Ibadah Haji

ICC bukan hanya tempat untuk makan, melainkan juga sebuah tempat untuk bergaul dengan sesama muslim dari seluruh dunia. Contohnya saja keluarga Chui yang hobi makan siang dim sum. Keluarga muslim yang beremigrasi dari Hong Kong ke Amerika Serikat ini selalu mengunjungi ICC untuk bertemu teman lama ketika mereka kembali ke Hong Kong.

Ada pula turis Malaysia yang gemar menikmati dim sum pada perjalanan mereka ke Hong Kong. Mereka mendengar tentang ICC dari sebuah film dokumenter yang mereka lihat di stasiun televisi Malaysia, Astro. Sementara itu, Hong Kong Tourism Board juga menerbitkan Panduan Wisata Muslim ke Hong Kong lengkap dengan daftar restoran halal Hong Kong. (CNNgo/Pri/X-14)

Leave a Reply

1
Assalamualaikum,
ada yang bisa kami bantu ?
Powered by