Pentingnya Manasik Haji Sebelum Berangkat Ke Tanah Suci

By July 16, 2018 ESQ Haji
manasik haji

Sebelum melaksanakan ibadah haji, biasanya calon jamaah haji akan melakukan manasik haji. Apa itu manasik haji? Manasik haji adalah sebuah petunjuk ataupun bimbingan dalam mengerjakan ibadah haji serta sebagai tuntunan hal-hal yang terkait dengan rukun, wajib, dan sunnah haji. Biasanya manasik haji dilakukan dengan menggunakan miniatur Ka’bah.

Manasik haji ini bukan sekadar kegiatan yang seola-olah memposisikan diri ketika sudah sampai di Tanah Suci. Namun lebih dari itu. Manasik haji memiliki tujuan untuk melatih diri agar terbiasa melakukan ibadah di Tanah Suci. Dengan manasik haji, calon jamaah pun diajak untuk melakukan penyesuaian diri agar tidak kebingungan ke sampai di Tanah Suci.

Baca Juga :  5 Fakta Masjid Al Aqsa yang Harus Anda Ketahui

Apalagi manfaat manasik haji?

Pertama, calon jamaah memiliki pengetahuan baru akan doa-doa sunah dari mulai keluar rumah hingga untuk melaksanakan ibadah haji hingga sampai kembali ke Tanah Air.

Kedua, calon jamaah memahami hal-hal yang wajib, rukun, dan sunnah yang dilakukan saat melaksanakan ibadah haji.

Ketiga, mengetahui kondisi kota Mekkah dan Madinah melalui gambaran-gambaran yang diberikan saat melakukan manasik haji

Baca Juga :  Raudhah, Tempat Mustajab Untuk Berdoa di Tanah Suci

Keempat, saling mengenal calon jamaah lain. Sehingga bisa memiliki saudara baru sesama kaum Muslimin.

Kelima, calon jamaah haji bisa belajar berbagai hal secara detail dan terperinci mengenai ibadah haji sesuai dengan Al-Qur’an dan As Sunnah.

Semoga informasi mengenai pentingnya manasik haji bisa menjadi pengetahuan baru untuk Anda dan semoga artikel-artikel yang ada di page ESQ Tours Travel ini bisa menginspirasi Anda.

Info haji bersama ESQ Tours Travel, klik tombol di bawah ini :

 

Leave a Reply