Syarat Wajib Haji yang Harus Anda Ketahui

By July 2, 2018 ESQ Haji
syarat wajib haji

Sebagai Muslim, Sahabat ESQ tentu tahu kalau haji adalah rukun Islam yang kelima. Menjalankan ibadah haji sudah menjadi kewajiban bagi seluruh umat Islam di dunia yang telah memenuhi persyaratan. Sebab, ini adalah salah satu wujud ketakwaan seorang hamba kepada Allah SWT.

Ada beberapa hal yang menjadi syarat wajib haji. Jika Sahabat ESQ sudah memenuhi semuanya, tentu tak perlu menunda waktu lama untuk melaksanakannya. Namun, jadi tidak wajib jika ada beberapa syarat yang tidak bisa dipenuhi.

Berikut ini adalah hal-hal penting yang jadi syarat wajib haji yang harus Anda ketahui.

ISLAM

Karena haji termasuk dalam ibadah yang menjadi syariat Islam, jamaah yang wajib melaksanakannya tentu saja umat Muslim. Tidak akan sah ibadah rukun Islam kelima ini jika dilakukan oleh orang kafir yang tidak masuk dalam daftar persyaratan.

BERAKAL

Orang-orang yang menderita gangguan jiwa seperti gila, sinting, atau dungu tidak memiliki kewajiban haji. Jika mereka melaksanakannya, tidak akan sah hajinya.

Hal ini pun disebutkan dalam sabda Rasulullah SAW yang berbunyi:
“Pena Diangkat (kewajiban digugurkan) dari tiga (golongan); Orang yang tidur sampai bangun, anak kecil hingga bermimpi (baligh), dan orang gila hingga berakal (sembuh).” (HR. Abu Daud, no. 4403, dishahihkan oleh Al-Albany dalam shahih Abu Daud).

Baca Juga :  Haji 2017 Banyak Jamaah Haji Yang Tumbang Saat Melempar Jumrah

BALIGH

Sesuai dengan hadist yang disebutkan di atas, syarat wajib haji yang harus dipenuhi selanjutnya adalah Baligh. Jika ada anak kecil yang berhaji, ibadahnya sah namun akan dianggap sebagai sunnah. Pahala yang akan didapatkan oleh anak kecil dan walinya adalah pahala sunnah.

Sebagaimana yang telah disebutkan oleh Nabi Muhammad SAW ketika ada seorang perempuan yang membawa anaknya kemudian ia bertanya, “Apakah anak ini dapat melakukan haji? beliau pun menjawab, ‘Ya, dan bagimu mendapat pahala'”. (HR. Muslim)

MERDEKA

Seseorang yang masih berstatus budak tidak diwajibkan untuk melaksanakan haji. Sebab, ia sibuk memenuhi hak tuannya. Namun, jika ia tetap melakukan ibadah tersebut, hajinya akan tetap dihitung sah.

MAMPU

Hal yang menjadi syarat wajib ibadah haji yang selanjutnya adalah orang yang dianggap mampun. Mampu yang dimaksud bukan cuma secara finansial. Seseorang yang ingin berhaji wajib memiliki kondisi fisik yang prima. Tidak memiliki penyakit serius yang bisa menghalanginya untuk melaksanakan rangkaian ibadah haji.

Baca Juga :  6 Syarat Wajib Haji Sebelum Menginjakkan Kaki di Tanah Suci

Mereka pun wajib memiliki perbekalan yang cukup dan memiliki kemampuan harta yang bisa mengantarkannya ke tanah suci untuk pulang pergi.

Khusus untuk perempuan, syarat mampu yang harus dipenuhi adalah harus ditemani suami atau mahromnya atau tidak sedang dalam masa ‘iddah.

Tertarik untuk mendaftar Haji Plus bersama ESQ TOURS TRAVEL ?

ESQ TOURS TRAVEL kembali membuka pendaftaran Haji Plus 2018 ini, untuk masa tunggu 3 sampai 5 tahun.

Nah, pastinya Anda bertanya, apa sih bedanya ESQ tours dgn penyelenggara lain?
Dengan Berhaji melalui ESQ tours, Anda akan mendapatkan :
(+) Pemaknaan diri di setiap rukun haji indoor & outdoor
(+) Dibimbing langsung oleh Trainer ESQ
(+) Fasilitas dokter umum
(+) Fasilitas hotel dekat dgn Masjidil Haram
(+) Manasik Haji plus training ESQ

Berhaji dengan ESQ Tours, membuat Anda seperti hadir di ruang Training dengan layar langsung dari Allah selama 23 hari.

Leave a Reply