Bebas Visa, Ini Panduan dan Tips Liburan ke Uzbekistan

By January 20, 2020 ESQ Leisure
esq-tours-travel-Tips-Liburan-ke-Uzbekistan

Sejak Uzbekistan memberlakukan syarat bebas-visa untuk WNI pada Februari 2018 lalu, minat berkunjung ke negara ini pun makin tinggi. Tidak heran, di sana banyak sekali tempat bersejarah nan menarik untuk dieksplor, terutama bagi wisatawan muslim.

Nah, bagi Anda yang sedang merencanakan agenda liburan ke Uzbekistan, ada baiknya menyimak tips dan panduan berikut agar perjalanan wisata terasa lebih nyaman dan menyenangkan.

  • Pilihan Moda Transportasi

Uzbekistan adalah negara yang cukup luas. Dari satu kota ke kota lain, misalnya, Anda perlu menempuh jarak dengan menggunakan moda transportasi yang berbeda-beda, mulai dari mobil atau bus, kereta api, sampai pesawat. Khusus pesawat, penerbangan domestik di Uzbekistan hanya bisa ditempuh dengan maskapai Uzbekistan Air.

  • Visa Berlaku 30 Hari

Uzbekistan memang membebaskan WNI dari visa, akan tetapi ini hanya berlaku untuk 30 hari. Tidak lebih. Jika Anda memang berencana untuk long-trip di negara bekas Uni Soviet tersebut, buatlah itinerary dengan matang dan detail agar masa kunjungan tidak melebihi aturan yang sudah ditetapkan.

  • Keamanan selama Traveling

Meski lokasinya berbatasan dengan Afghanistan, jangan khawatir soal keamanan diri selama liburan ke Uzbekistan. Negara ini masuk dalam satu dari 20 destinasi wisata teraman di dunia, bahkan untuk wanita yang sedang solo-traveling. Selain angka kriminalitas yang rendah, tingkat keamanan di Uzbekistan juga sangat tinggi, lho.

  • ATM dan Pembayaran
Baca Juga :  Melihat Jejak Sejarah Islam di Tanah Eropa Melalui Andalusia

Di Uzbekistan, ada banyak sekali ATM yang bisa Anda manfaatkan untuk bertransaksi. Namun khusus untuk turis dengan akun bank internasional, ATM hanya bisa mengeluarkan mata uang dollar. Tenang saja, Anda bisa menukarkannya di bank atau money changer dengan fee sekitar 1%.

Cashless memang cara termudah bertransaksi di negara mana pun. Akan tetapi, jika Anda berwisata di Uzbekistan sebaiknya sediakan juga uang tunai. Beberapa toko atau layanan biasanya hanya menerapkan transaksi cashless pada jam-jam kerja.

  • Berapa Uang yang Anda Punya?

Saat akan masuk maupun keluar Uzbekistan, Anda akan diminta untuk mengisi blangko identitas, tak terkecuali berapa banyak uang yang Anda miliki untuk berlibur sekian hari di sana (dan berapa sisanya).

Tenang saja, ini adalah prosedur yang wajar. Pemerintah Uzbekistan tentu ingin memastikan bahwa turis yang berkunjung ke negaranya tidak akan terlantar dan sampai menyusahkan mereka karena uang saku yang pas-pasan. Sering mendengar istilah beggar traveler, kan?

  • Bahasa yang Digunakan

Mayoritas penduduk Uzbekistan menggunakan bahasa Uzbek dalam kesehariannya, atau bahasa Rusia sebagai bahasa kedua. Tidak sedikit juga petunjuk yang ditulis dengan alfabet Cyrillic. Mempelajarinya sedikit-sedikit (setidaknya kata dasar) pasti akan sangat membantu Anda saat liburan ke Uzbekistan.

Namun tidak masalah jika Anda tak mengerti keduanya. Anda bisa menyewa jasa penerjemah atau pemandu wisata yang bisa berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Inggris.

  • Kuliner Plov
Baca Juga :  5 Fakta Unik Wisata ke Negara Uzbekistan

Plov adalah menu paling mainstream yang akan Anda temui di antero Uzbekistan. Nasi goreng yang dimasak dengan lemak kambing, daging, dan aneka sayuran ini umumnya bervariasi tergantung daerahnya. Orang Uzbekistan sangat menggemari kuliner ini sebagaimana orang Indonesia menyukai bakso. Di ibu kota Tashkent bahkan ada Central Asian Plov Center, tempat luas yang hanya diisi oleh penjual plov.

  • Menu Asia Lainnya

Jika Anda sudah mulai bosan dengan plov, ada banyak menu khas Asia lain yang bisa didapatkan di Uzbekistan, mulai dari laghman (sop mi), manti (dumplings), sampai kebab. Pun sebagai negara dengan geliat pariwisata yang tinggi, bukan hal yang sulit untuk menemukan restoran internasional di Uzbekistan.

  • Shared Taxi

Shared taxi adalah hal yang sangat wajar di kalangan wisatawan Uzbekistan. Ini bertujan untuk menghemat bujet selama liburan di sana. Jika Anda berminat, cobalah buka komunikasi dengan turis lan dan tanyakan tujuan wisatanya.

Alternatif untuk Anda yang menginginkan liburan ke Uzbekistan dengan lebih mudah dan nyaman adalah ikut paket wisata dari ESQ Tours. Kami adalah agen tour travel berpengalaman yang telah meraih World Halal Tourism Award. Dengan fasilitas dan layanan terbaik, ESQ Tours siap membawa Anda ke beragam destinasi favorit di Uzbekistan.

1
Assalamualaikum,
ada yang bisa kami bantu ?
Powered by