4 Wisata Populer yang Wajib Anda Kunjungi Saat ke Turki

By January 24, 2019 Blog, ESQ Leisure
ESQ-Tours-Travel-Wisata-Wajib-di-Turki

Meaningful Journey – Turki merupakan salah satu negara yang menyuguhkan destinasi alam indah. Tak heran, banyak orang yang menjadikan Turki menjadi tempat impian untuk berlibur. Tidak hanya indah, namun setiap destinasi memiliki cerita yang menarik. Salah satunya, kekaisaran Islam.

Nah, untuk Anda yang berencana liburan ke Turki, jangan lupa mampir ke 4 spot wisata populer berikut ini :

  1. Topkapi Palace

Destinasi satu ini termasuk tempat bersejarah bagi umat Muslim. Topkapi Palace merupakan tempat tinggal Sultan Ottoman pada tahun 1459. Tempat ini menjadi saksi bisu dan peninggalan sejarah kekaisaran atau kekhalifahan Islam.

Dengan runtuhnya Konstantinopel oleh Ottoman Turki, membuat ajaran Islam menyebar ke benua Eropa. Sehingga tidak heran, di beberapa negara Eropa terdapat perumahan atau kawasan tempat tinggal Muslim. Pada saat itu, 2/3 dunia mampu dikuasai oleh Turki dan hal tersebut menjadikan Turki menjadi negara terk

2. Hagia Sophia

Hagia Sophia merupakan masjid yang cukup fenomenal, karena awal mulanya tempat ini adalah sebuah gereja. Namun, berubah fungsi menjadi Masjid setelah Konstantinopel runtuh.

Baca Juga :  KETAHUILAH ALASAN BERIKUT INI KENAPA ANDA HARUS BERLIBUR KE TURKI

Semenjak berubah menjadi Masjid, furniture Hagia Sophia seperti patung Bunda Maria diganti menjadi tulisan Arab.  Tempat wisata yang ini merupakan bangunan peninggalan zaman Romawi yang masih kental dengan arsitektur Yunani dan lukisan-lukisan Romawi dengan kaligrafinya.

Dan sekarang, Hagia Sophia menjadi salah satu museum di Turki yang meninggalkan cerita bersejarah yang menarik. So, Anda tidak akan menyesal jika ke tempat ini.

3. Blue Mosque

Blue Mosque merupakan tempat yang wajib dikunjungi jika kamu berlibur di Turki. Destinasi wisata ini memiliki pesona sendiri, yakni keindahan arsitektur yang menakjubkan dan cerita sejarah yang menarik.

Blue mosque adalah masjid megah yang didirikan oleh Sultan Ahmed 1 pada abad ke-14. Masjid ini berlokasi di kawasan tertua yang merupakan pusat Konstantinopel pada saat itu, sehingga berdekatan dengan Hagia Sophia. Sebuah gereja Kristen yang sudah diubah menjadi museum.

Keindahan arsitektur Blue Mosque ini dirancang oleh arsitek terkenal, yakni Mehmed Agha. Beliau menghadirkan 6 menara dengan desain unik yang membuat bangunan menjadi lebih estetik. Apalagi saat sunset, keindahan bertambah menjadi 10 kali lipat.

Baca Juga :  5 Fakta Unik Topkapi Palace di Turki

4. Mevlana Museum

Museum satu ini merupakan tempat yang menyimpan karya sastra dari sastrawan terkenal, yakni Jalaluddin Rumi. Beliau merupakan seorang penyair sufi yang menghasilkan banyak karya. Salah satunya adalah al-Matsnawi al-Maknawi.

Buat Anda yang memiliki ketertarikan akan dunia sastra, mengunjungi Mevlana Museum menjadi pilihan yang tepat. Di sana Anda akan menemukan sejumlah karyanya, barang pribadi, serta dapat berziarah ke makam Jalaluddin Rumi.

Selain itu, kalian juga dapat menikmati tarian sufi khas Turki di tempat ini. Setiap bulan Desember diadakan festival yang ditujukan untuk mengenang karya sastrawan Jalaluddin Rumi dan dimeriahkan dengan tarian sufi.

Menarik bukan? Ingat untuk mampir ke destinasi di atas saat ke Turki ya. Jika Anda mencari paket perjalanan wisata ke Turki yang bakal mengunjungi destinasi seru seperti dijelaskan di atas, ikut program “10 Days Turkey + Muscat” saja. Info lebih lanjut silakan cek di menu Halal Holiday yang ada di website ini. Atau silakan tinggalkan komen di bawah postingan ini.

By : Diana