Ingin Ramadhan Lebih Bermakna? Berikut 5 Amalan Bulan Puasa Ramadhan

By May 17, 2019 Berita
Ingin-Ramadhan-lebih-bermakna

Bulan Ramadhan merupakan sesuatu hal yang sangat dinantikan oleh seluruh umat muslim di berbagai negara. Hal ini mengingat banyak sekali keistimewaan dengan keberkahan dan pahala melimpah untuk Anda. Oleh karena itu, ada baiknya melakukan amalan bulan puasa Ramadhan sebanyak-banyaknya.

Manfaatkan kesempatan ini untuk memperbaiki pribadi menjadi lebih baik dari sebelumnya, mendekatkan kembali hubungan Anda dengan Allah SWT dan memperbanyak beribadah. Tidak sedikit dari kita yang sering melupakan Sang Pencipta, pikiran lebih banyak dipenuhi oleh urusan duniawi hingga melupakan kewajiban semestinya.

Dengan mengamalkan kebaikan pada bulan Ramadhan dapat menjadi cara memohon ampun atas dosa-dosa yang telah dilakukan, Insya Allah mendapatkan hidayah agar tetap istiqomah dalam mencari keridhaan Allah SWT.

Kira-kira apa sajakah amalan bulan puasa Ramadhan yang perlu dilakukan? Berikut 5 amalan di bulan suci penuh berkah ini :

Puasa Ramadhan

Tentunya, puasa Ramadhan menjadi ibadah wajib yang harus dilakukan dan diamalkan saat bulan puasa. Jangan sampai Anda melewatkan ibadah puasa, karena sesungguhnya akan merugi.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, banyak sekali keistimewaan pada bulan Ramadhan. Tidak hanya tentang menahan lapar dan haus, namun hawa nafsu manusia itu sendiri. Hal ini semata-mata agar kita dapat mengendalikan diri lebih baik lagi.

Baca Juga :  10 Negara dengan Populasi Muslim Terbesar Di Dunia

Akan tetapi, bukan hanya menahan saja namun juga Anda perlu mengikuti prosesnya dengan baik dan benar. Mulai dari sahur dan berbuka puasa, kedua hal ini mempunyai keutamaan yang sangat disayangkan jika terlewat.

Shalat Tarawih dan Tahajud

Saat bulan suci Ramadhan telah tiba, usahakan untuk menunaikan shalat tarawih dengan baik dan benar. Menunaikan shalat tarawih merupakan amalan yang ditekankan oleh Allah, agar menyempurnakan ibadah puasa Anda.

Selain tarawih, melakukan shalat tahajud dapat menjadi amalan bulan puasa Ramadhan. Konon katanya, rajin shalat tahajud doa yang selama ini dipanjatkan akan dikabulkan oleh Allah.

Oleh karena itu, jika Anda mempunyai keinginan akan sesuatu ada baiknya melakukan shalat tahajud pada seperti malam. Insya Allah, segala sesuatu diperlancar agar mampu mendapatkan.

Sedekah

Nah, kalau yang satu ini jangan sampai tertinggal karena amalan tersebut menjadi cara untuk mendapatkan keberkahan dari setiap rezeki yang diberikan oleh Allah. Mulai membiasakan diri menyisihkan sebagian rezeki, agar dapat memberikan pertolongan kepada orang-orang kurang mampu, misalnya membagikan makanan atau memberikan hidangan berbuka puasa.

Baca Juga :  INILAH 3 MASJID BESEJARAH DI TURKI

Berbicara sedekah, ketika Ramadhan tiba maka setiap umat muslim wajib membayar zakat fitrah. Tujuannya supaya bersedekah kepada umat muslim lainnya dan memperbaiki diri agar kembali fitrah (suci).

Jika amalan bulan puasa Ramadhan ini selalu diterapkan, insya Allah membantu Anda memperoleh rahmat dan hidayah Allah.

Membaca Al-Qur’an

Membaca Al-Quran juga merupakan amalan baik yang perlu diperhatikan. Berhubung bulan penuh berkah, rajinlah membaca Al-Quran setelah shalat 5 waktu dan tarawih. Niscaya, kemudahan dan keberkahan Allah senantiasa mendampingi setiap kegiatan Anda.

Dengan membaca Al-Quran pun dapat menambah wawasan Anda akan Keislaman dan Ketuhanan, sehingga mempermudah untuk menemukan jalan kebenaran. Jadi, jangan malas-malas baca Al-Quran!

I’tikaf Akhir Ramadhan

Berdiam diri di Masjid merupakan bentuk amalan baik yang patut dilakukan. Apalagi jika Anda beri’tikaf di 10 hari terakhir Ramadhan, niscaya pahala akan berlipat ganda.

I’tikaf merupakan aktivitas ibadah yang terdapat berbagai macam ketaatan, baik berupa sholat, zikir, tadarrus, doa, kontenplasi diri dan segalanya hal untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah.Demikianlah amalan bulan puasa Ramadhan yang perlu diperhatikan dengan baik. Niscaya, meningkatkan keimanan Anda kepada Allah.

1
Assalamualaikum,
ada yang bisa kami bantu ?
Powered by