Apa Saja Tanda Haji Mabrur? Cari Tahu Selengkapnya di Sini!

By August 9, 2018ESQ Haji
tanda haji mabrur

ESQ Tours Blog – Semua Muslim yang melaksanakan ibadah haji tentu memiliki impian agar ibadahnya mabrur. Sebab, haji mabrur bukanlah sekadar ibadah yang sah karena telah gugur kewajibannya. Yang dimaksud dengan mabrur adalah ibadah yang diterima oleh Allah SWT.

Rasulullah SAW bahkan pernah bersabda bahwa “Haji yang Mabrur tidak ada balasannya melainkan surga”. 

Ada satu hal yang harus diingat oleh Sahabat ESQ. Mabrur bukanlah jabatan atau titel bagi mereka yang sudah melaksanakan rukun Islam kelima ini. Sebab, tak semua jemaah bisa menggapainya.

Mabrur juga tidak bisa dilihat melalui wujud fisik seseorang setelah kembali dari tanah suci. Tanda haji mabrur baru bisa tampak dari sifat-sifat yang dimiliki jemaah setelah pulang bertamu dari rumah Allah SWT.

Baca Juga :  The Sweetest WordPress Themes Around.

Hal ini disebutkan oleh Ibnu ‘Abdil Barr dalam At Tamhid (22: 39). Beliau mengatakan haji mabrur adalah haji yang tidak ada riya’ (ingin dipandang orang lain), tidak sum’ah (ingin didengar orang lain), tidak ada rofats (kata-kata kotor di dalamnya), tidak melakukan kefasikan, dan berhaji dengan harta halal.

Kita pun bisa menyimpulkan beberapa tanda haji mabrur dari hal tersebut. Berikut di antaranya.

1. Senantiasa Menjauhi Maksiat

Tanda haji mabrur yang paling mudah kita lihat adalah sifat jemaah yang menjadi lebih baik lagi. Ia senantiasa menjauhi maksiat dan dosa sepulangnya dari tanah suci. Ia pun selalu melakukan sesuatu berdasarkan syariat.

Baca Juga :  KETAHUILAH ALASAN-ALASAN BERIKUT INI KENAPA ANDA HARUS BERHAJI BERSAMA ESQ TOURS TRAVEL

2. Bersikap Tawadhu dan Lemah Lembut

Dalam kehidupan sehari-hari, seorang jemaah yang mabrur hajinya akan selalu bersikap tawadhu dan lemah lembut dalam kesehariannya. Ia tidak akan merasa lebih baik dari orang lain karena sifat rendah hati yang dimilikinya.

3. Istiqamah Pada Ketaatan

Ketika sudah kembali dari tanah suci, dia akan pulang dalam keadaan bertaubat. Jemaah dengan haji yang mabrur pun akan selalu berusaha istiqamah dalam ketaatan.

Hal ini tentu juga ingin Sahabat ESQ dapatkan ketika pulang dari ibadah haji nanti kan? Semoga impian mulia itu bisa tercapai ya Sahabat ESQ. Amiin ya Rabbalalamin.

Leave a Reply