Ini 6 Tips Haji Mabrur yang Perlu Anda Pahami

By January 16, 2020 ESQ Haji
Ini-6-Tips-Haji-Mabrur-yang-Perlu-Anda-Pahami

Sebesar apa pun perjuangan yang dilakukan seorang umat muslim saat melaksanakan ibadah haji belum tentu menjadikannya sebagai haji yang mabrur. Pasalnya ada banyak faktor yang memengaruhi ibadah haji seseorang diterima dan diridai oleh Allah SWT. Untuk mencapai hal ini pun, ada banyak persiapan dan tips haji mabrur yang perlu dilakukan.

Menyucikan Niat Ibadah

Tak dapat dimungkiri, besarnya perjuangan menunaikan ibadah haji juga dianggap sebagai prestasi tersendiri bagi sebagian umat muslim. Terlebih lagi kehidupan sosial yang kini terkesan semakin bermewah-mewahan, ada saja godaan untuk membagikan ‘kebahagiaan’ tersebut seperti melalui media sosial. Hal ini pun sangat berisiko untuk memunculkan riya.

Maka dari itu, tips haji mabrur yang paling utama adalah murni untuk ibadah. Niatkan dan mantapkan dalam diri Anda bahwa perjalanan ke tanah suci adalah untuk memenuhi panggilan Allah dan menyempurnakan rukun Islam. Hindari pula bisikan-bisikan lain seperti pergi haji untuk memperbaiki status sosial di masyarakat, meningkatkan citra diri, dan lain-lain.

Menggunakan Sumber Dana yang Halal

Pergi berhaji membutuhkan dana yang tidak sedikit. Bahkan tak hanya untuk keperluan berangkat dan selama di tanah suci, Anda juga harus memastikan kondisi finansial cukup untuk memenuhi kebutuhan lain. Seperti contoh bila Anda telah berkeluarga, pastikan kebutuhan sehari-hari keluarga yang di rumah juga terpenuhi saat Anda tidak ada.

Oleh karena itu, jangan sampai Anda menunaikan ibadah haji dengan uang yang tidak halal. Beribadah haji dengan uang haram akan membuat doa-doa yang dipanjatkan tak diijabah. Yakinlah selagi Anda berikhtiar dengan ikhlas dan niat yang benar, Allah akan selalu membantu.

Baca Juga :  3 restoran halal yang wajib dikunjungi di Korea!

Membawa Bekal yang Berlebihan

Sesungguhnya, sebaik-baiknya bekal untuk beribadah haji adalah ketakwaan. Kendati demikian, Anda pun tentu akan membawa bekal berupa materi untuk memenuhi beberapa kebutuhan lain selagi di tanah suci.

Hal ini boleh-boleh saja dilakukan, tetapi ingatlah untuk tidak membawanya secara berlebihan. Selain membahayakan dan merepotkan diri sendiri, Allah tidak pernah menyukai apa pun yang sifatnya berlebihan.

Merendahkan Diri dan Berbuat Baik

Tips haji mabrur berkutnya adalah memperbanyak sedekah selagi di tanah suci jika mampu. Seperti yang disampaikan Syeikh Abdullah dalam bukunya, seseorang yang sedang melaksanakan ibadah haji haruslah merendahkan dirinya dan tidak bersikap sombong. 

Perbanyak pula melakukan kegiatan mulia lainnya seperti menolong orang yang sedang kesusahan. Hindari mudah tersulut emosi terutama seperti saat berusaha untuk mencapai hajar aswad yang rentang berdesak-desakan hingga saling dorong. Selalu rendahkan diri dan hati Anda sehingga lebih sabar dan senantiasa ingat bahwa perjalanan spiritual ini murni untuk mencapai keridaan Allah SWT.

Menjaga Hati

Salah satu ciri haji mabrur adalah ketika sepulangnya dari haji, orang tersebut dapat menjadi lebih baik dari berbagai hal, baik dalam hubungannya kepada sesama manusia maupun dengan Allah. Artinya, mabrur atau tidaknya seseorang tidak hanya sebatas pada pemenuhan kewajibannya selama berada di tanah suci. 

Baca Juga :  Perjuangan Jamaah Haji Di Masa Lalu yang menghabiskan Waktu Selama 12 Bulan

Hal ini dapat dilatih dengan senantiasa mengatur dan menjaga hati sejak sebelum berangkat. Saat melaksanakan ibadah haji pun, istiqomah dalam menghindari rafats dan fusuq juga menjadi kuncinya. Adapun yang dimaksud dengan rafats adalah tindakan keji atau tidak senonoh, sedangkan fusuq adalah perbuatan maksiat yang dapat menodai keimanan kepada Allah SWT. 

Mengikuti Manasik Haji 

Manasik haji merupakan peragaan pelaksanaan ibadah haji sesuai dengan rukun-rukun yang telah ditetapkan. Melalui aktivitas ini, calon jemaah akan mempelajari tata cara pelaksanaan haji. Manasik mencakup pelatihan dan informasi mengenai rukun haji, syarat wajib dan sah haji, praktik mulai dari tawaf, sai, wukuf, lempar jumrah, dan sebagainya, larangan selama berhaji, dan lain-lain.

Kegiatan ini sangat penting dan bermanfaat sehingga calon jemaah pun dapat lebih siap dalam melaksanakan ibadah. Dengan demikian, jemaah pun jadi semakin mantap dalam menjalani rukun Islam kelima dan terhindari dari berbagai kesalahan dan kekeliruan yang dapat menggugurkan kewajibannya. 

Selain enam hal di atas, tips haji mabrur lainnya adalah dengan memahami makna setiap rukun dan perjalanan haji seutuhnya. Di ESQ Tours Travel, sebagai agen tour travel terbaik dan terpercaya di Indonesia yang telah meraih World Halal Tourism Award, kami selalu memberi fasilitas tersebut dengan harapan setiap calon jemaah dapat melakukan perjalanan ibadah dengan maksimal.

1
Assalamualaikum,
ada yang bisa kami bantu ?
Powered by