Skip to main content

Nikmati Eloknya Permadani Tulip di Istanbul

Tahukah Anda darimana bunga Tulip berasal ? Belanda?

Ah, …Anda salah! Tulip memang populer di negeri Kincir Angin itu, bahkan menjadi salah satu ikon penting negara tersebut. Tapi Tulip sesungguhnya berasal dari Turki. Ya, Turki.

Bunga Tulip pada mulanya merupakan bunga liar di daratan Asia Tengah, dan mulai dibudidayakan orang-orang Turki pada tahun 1.000 Masehi. Kata ‘tulip’ bahkan berasal dari kata bahasa Turki ‘turban’…hmmm, baru tahu ya. Sementara, di Turki sendiri bunga tulip disebut ‘lale’ (lili)…unik ya? Coba lihat foto dibawah ini…ada kemiripan kan?

Tulip-Turkey-2

 

 

 

 

 

 

 

Bagaimana dengan Tulip Belanda? Bunga Tulip baru mulai dikenal di Belanda pada tahun 1594, setelah seorang ahli botani bernama Carolus Clusius dihadiahi beberapa potong umbi-umbian tulip oleh duta besar Konstantinopel, Oghier Ghislain de Busbecq, yang kemudian oleh Clusius ditanam di Hortus Botanicus of Leiden, taman botani tertua di Eropa.

Tulip-Turkey-3

 

 

 

 

 

 

 

Emirgan Park

Meskipun saat ini orang-orang Belanda sudah mengklaim dirinya sebagai ‘pemilik bunga tulip terbaik’, namun kota Istanbul sesungguhnya mampu menghadirkan pesona tulip yang tak kalah menawan lewat event Istanbul Tulip Festival. Setiap tahun jutaan umbi tulip ditanam diseluruh penjuru kota itu, dan hasilnya luar biasa. Aroma keriangan, kesegaran dan kegembiraan terasa menebar ke setiap pojok kota yang Anda datangi selama bulan April, disaat kembang-kembang tulip aneka warna sudah mengembang. Dan tempat terbaik untuk menikmati pesona tulip adalah Taman Emirgan (Emirgan Park). Lihat saja foto-foto dibawah ini:

Baca Juga :  Bandara Al-Maktoum, akan jadi Bandara Terbesar di dunia

Tulip-Turkey-4

Tulip-Turkey-5

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Emirgan Park memang terletak agak jauh dari pusat pariwisata Sultanahmet. Namun hal itu tak perlu membuat Anda kecewa, karena keindahan tulip tetap bisa Anda nikmati hampir disemua tempat selama berlangsungnya Festival Tulip Istanbul pada bulan April, termasuk di taman-taman kecil pembatas jalur jalan raya seperti tampak pada foto dibawah ini:

Tulip-Turkey-6

 

 

 

 

 

 

 

Atau juga di pelataran ikon-ikon pariwisata Turki seperti Aya Sofia (Hagia Sophia) dan Blue Mosque.

Tulip-Turkey-8

Tulip-Turkey-7

 

Baca Juga :  MACAM-MACAM HAJI DAN PERBEDAAN MENDASAR DIANTARANYA

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Bahkan seluruh permukaan taman di Topkapi Palace pun berubah menjadi lautan tulip selama bulan April.

Tulip-Turkey-9

 

 

 

 

 

 

 

Dari kejauhan Anda mungkin tidak akan melihat keindahannya karena terhalang oleh beberapa bangunan di lokasi Topkapi Palace, namun begitu mendekat…langkah kaki akan terhenti dan mulut berucap Subhanallah…luar biasa mempesona!!!

Tulip-Turkey-10

 

 

 

 

 

 

 

Dan Anda tidak sendirian…dimana-mana terlihat orang begitu terkesima dengan objek yang sama.

Tulip-Turkey-11

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Bagaimana, Anda tertarik untuk menikmati keindahan bunga tulip yang merekah satu tahun sekali ?

Bergabunglah bersama ESQ TOURS TRAVEL pada perjalanan 10 Hari Explore Best of Turkey Tulip Blossom  dengan makanan halal dan waktu sholat yang terjaga.

 

 

 

Leave a Reply