Skip to main content

Tips Memilih Travel Haji Plus Amanah dan Berkualitas

By April 25, 2022ESQ Haji
Tips Memilih Travel Haji Plus Amanah dan Berkualitas

Bagi seseorang yang mampu maka dia wajib menunaikan ibadah haji. Namun, ketika memutuskan menggunakan agen perjalanan haji, Anda perlu memperhatikan 5 tips memilih travel haji plus berikut. Apa saja?

Berikut yang perlu Anda perhatikan untuk mengetahui biro travel haji plus terpercaya dan memiliki kualitas yang bagus.

  1. Kredibilitas

Pertama, pastikan kredibilitas biro haji bagus. Untuk memastikan kredibilitas sebuah travel sangatlah gampang.  Anda bisa memeriksanya melalui Kementerian Agama.

Apabila nama travel terdaftar di Kementerian Agama, itu artinya travel sudah memenuhi semua persyaratan sebagai perusahaan yang bergerak di bidang layanan travel haji.

Umumnya, informasi ini Anda bisa temukan di brosur atau website resmi travel.

  1. Rekam Jejak Travel

Kedua, perhatikan rekam jejak dari biro tersebut.

Track record suatu biro sangatlah penting untuk memastikan layanan dan keamanahan dari biro. Untuk mengetahuinya, Anda bisa mencari tahu melalui orang yang pernah menggunakan biro.

  1. Jadwal Keberangkatan Jelas
Baca Juga :  Syarat Wajib Haji yang Harus Anda Ketahui

Kemudian, perlu Anda ketahui bahwa untuk melakukan haji, Anda harus mendaftar terlebih dahulu, lalu menunggu untuk waktu keberangkatan.

Nah, estimasi jadwal keberangkatan haji ini harus jelas. Karena biro travel haji profesional pasti memiliki standar maksimal estimasi tunggu para jamaah untuk berangkat haji.

  1. Status Visa

Selanjutnya, adalah masalah visa.

Visa untuk ibadah haji dan umroh berbeda dengan visa liburan. Selain itu, ada empat jenis visa, yaitu visa haji reguler, ONH plus, furoda atau mujamalah, dan visa ziarah syakhsiyah atau tijariyah juga visa amil.

Tentunya, status visa mempengaruhi proses imigrasi.

Visa haji reguler akan Anda dapatkan apabila mendaftar haji melalui Kementerian Agama.

Sementara visa haji ONH plus didapat dengan mendaftar melalui travel penyelenggara ibadah haji khusus kemudian masuk ke Kementerian Agama dan dilanjutkan ke Kedutaan Besar Arab Saudi.

Di sisi lain, ada travel haji yang menyediakan visa haji furoda atau mujamalah. Ini bisa digunakan untuk berhaji, hanya visa ini tidak bekerja sama dengan pemerintah Indonesia atau langsung ke Kedubes Arab Saudi.

Baca Juga :  BERHAJI BERSAMA ESQ TOURS, SIAPA MAU?

Sedangkan visa terakhir, yaitu visa ziarah tidak dapat berangkat karena akan berisiko deportasi dan denda.

  1. Sistem Pembayaran

Terakhir, sistem pembayaran harus jelas dan pastikan jika semua transaksi ada riwayat serta catatannya. Selain itu, pastikan jika rekening yang digunakan atas nama perusahaan bukan rekening pribadi.

Umumnya, jasa travel haji memiliki beberapa paket haji yang bisa Anda pilih. Dari pilihan inilah, Anda bisa melihat layanan, fasilitas, juga harganya.Namun, ingat, semua tips memilih travel haji plus di atas harus ada dalam biro haji pilihan Anda. Jika bingung, Anda bisa menggunakan ESQ Tour yang sudah memenuhi semua kriteria di atas. Ibadah haji aman, Anda pun nyaman.