6 Syarat Wajib Haji Sebelum Menginjakkan Kaki di Tanah Suci

Tanah Suci merupakan salah satu tempat yang diimpikan oleh seluruh umat Muslim yang ada di dunia. Tempat di mana umat Muslim menunaikan ibadah Haji. Menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci menjadi sebuah kewajiban bagi umat Islam. Kewajiban bagi mereka yang mampu. Sebagaimana yang tertuang dalam Rukun Islam ke 5.

Namun, sebelum Anda menginjakkan kaki ke Tanah Suci. Anda harus mengetahui, ternyata Haji bukan sekadar datang ke Tanah Suci kemudian beribadah di sana. Ada 6 syarat yang wajib Anda ketahui. Ibadah haji memiliki syarat yang harus Anda penuhi.

Nah, apa sajakah syarat wajib haji ?

Simak pada gambar berikut ini :

#1 Islam

Syarat pertama yang harus Anda penuhi adalah beragama Islam. Ibadah Haji merupakan ibadah yang menjadi kewajiban bagi umat Muslim.

Baca Juga :  Ingin Umroh Di Akhir Tahun 2017 ?

#2 Berakal Sehat

Orang yang hendak melaksanakan ibadah haji harus orang yang berakal sehat. Maka dari itu, orang gila tidak diwajibkan untuk menunaikan ibadah haji.

#3 Dewasa atau Baligh

Syarat selanjutnya adalah dewasa atau sudah baligh. Anak kecil tidak diwajibkan untuk berhaji. Jika ada anak kecil yang menunaikan ibadah haji, hajinya tetap sah namun ia belum mencukupi kewajiban haji sesuai dengan ajaran Islam.

#4 Merdeka

Merdeka di sini maksudnya adalah tidak ada kewajiban untuk beribadah haji bagi seorang budak. Jika ia melaksanakan haji, hajinya akan tetap sah. Namun ia belum memenuhi syarat haji dalam Islam.

Baca Juga :  INILAH FAKTA TENTANG MASJID NABAWI YANG MUNGKIN ANDA BELUM TAHU

#5 Mampu

Seperti yang tertuang dalam Rukun Islam ke 5, haji diwajibkan untuk orang-orang yang mampu. Mampu di sini diartikan sebagai mampu fisik dan mampu materi.

#6 Adanya Mahram bagi Wanita

Syarat lain terutama khusus untuk wanita adalah adanya muhrim yang menemani perjalanan ibadah haji selama di Kota Suci. Jadi wanita tidak diperkenankan untuk melaksanakan haji seorang diri tanpa ditemani oleh muhrimnya.

Itulah syarat-syarat wajib haji yang perlu Anda ketahui. Semoga bisa menambah wawasan Anda tentang pengetahuan seputar haji.

Tertarik untuk mendaftar haji bersama ESQ Tours Travel yang sudah terjamin pelayanannya? Silakan kunjungi website kami untuk info lengkap dan pendaftaran, Klik!

Leave a Reply