Makna Ibadah Haji, Makna Wukuf di Padang Arafah

By October 2, 2017ESQ Haji

Padang Arafah merupakan daerah terbuka dan luas yang letaknya berada di sebelah timur kota suci Makkah. Ditempat inilah umat muslim menunaikan rukun wukuf, wukuf di padang Arafah merupakan salah satu rukun haji. Wukuf di padang Arafah merupakan salah satu rukun yang merupakan mengingat kembali peristiwa dimana Nabi Adam a.s dan Hawa bertemu kembali setelah diturunkan ke bumi karena mengingkari perintah Allah dan terperdaya oleh tipu daya iblis.

Mereka terlah dipisahkan di dunia selama 40 tahun dan akhirnya di pertemukan kembali di Gunung Arafah. Tepatnya adalah di Jabal Rahmah atau yang berarti Gunung Rahmat, ditempat itulah mereka bertahun-tahun memohon ampun kepada Allah SWT. Arti wukuf sesungguhnya adalah, bermakna hibernasi yaitu proses mengistirahatkan diri untuk mengoptimalkan kembali fungsi rohani dan jasmani. Di Padang Arafah inilah umat muslim menyempurnakan syahadatnya, berdoa, bermunajat, memohon ampun, dan bertobat kepada Allah.

Peristiwa hebat lainnya terjadi di Jabal Rahmah, dimana Nabi Muhammad melaksanakan wukuf di Padang Arafah. Di tempat ini pula Nabi Ibrahim memohon dikaruniai keturunan dan mendapat wahyu untuk menyembelih putranya, Nabi Ismail. Di Padang Arafah pula, Nabi Muhammad menerima wahyu terakhir sebelum wafat. Kini, Padang Arafah menjadi tempat para umat muslim dunia untuk berdiam diri atau berwukuf. Di mulai dari waktu zuhur hingga terbenamnya matahari.

paket tour wisata turki | tour turki 2017 | tour turki golden rama
ESQ-Tours-&-travel-biro-perjalanan-haji-terbaik-dan-terpercaya-indonesia