Skip to main content

10 Negara dengan Populasi Muslim Terbesar Di Dunia

Umroh ESQ 165 Tours Travel

Islam adalah agama Rahmartan lil ‘Alamin, agama untuk semua bangsa. Saat ini Agama Islam mengalami perkembangan yang cukup cepat. Peningkatan jumlah muslim semakin hari semakin meningkat, terutama di negara-negara Eropa. Berikut ini adalah 10 negara dengan populasi muslim terbesar di dunia :

1. INDONESIA
Indonesia merupakan negara yang memiliki populasi muslim terbesar di dunia. Tercatat 182.570.000 jiwa menganut agama Islam atau 88% dari total jumlah penduduk Indonesia. Namun demikian, Indonesia bukan Negara Islam. Indonesia termasuk negara yang memiliki toleransi agama yang tinggi. Islam masuk ke Indonesia. Islam masuk ke Indonesia dibawa oleh para pedagang dari Gujarat India, kemudian diikuti oleh orang-orang Arab dan Persia. Para pedagang ini pada umumnya memeluk Islam dan mereka menyebarkan ajaran Islam di tempat-tempat mereka singgahi.

2. PAKISTAN
Pakistan terletak di wilayah Asia Selatan yang berbatasan dengan India. Nama Pakistan diambil dari awalan Punjab, Afghan, KashmIr, Sind dan BaluchisTAN. Jumlah populasi muslim di Paskitan tercatat 134.480.000 jiwa dari 150 juta keseluruhan penduduk Pakistan.

3. INDIA
India merupakan negara yang memiliki jumlah penduduk kedua setelah China. Mayoritas penduduk India beragama Hindu sekitar 80,5%. Penduduk muslim menempati posisi kedua sebesar 16,4% dari jumlah keseluruhan penduduk India. Total jumlah penduduk India yang beragama Isalam 121.000.000 jiwa. Dalam perkembangan sejarah, muslim India berperan aktif dalam penyebaran agama Islam terutama ke kawasan Asia Tenggara.

Baca Juga :  Daftar Haji Sekarang Melalui Biro Haji Terbaik Versi World Halal Tourism Award

4. BANGLADESH
Bangladesh memiliki populasi muslim 114.080.000 jiwa dari jumlah keseluruhan pendudul 130 juta jiwa atau sekitar 88%. Islam masuk ke Banglasdesh melalui wilayah Bengal pada abad ke 13.

5. TURKI
Turki adalah negara Eropa yang memiliki jumlah penduduk muslim terbesar yaitu sekitar 65.510.000 jiwa. Turki adalah negara yang memiliki sejarah panjang dan memiliki perkembangan Islam. Tradisi Islam yang sangat kuat menghiasi negara ini. Dalam sejarah, Turki adalah negara yang mampu menaklukan kekaisaran Konstantinopel yang pada saat itu adalah bangsa yang adidaya.

6. IRAN
Iran memiliki jumlah penduduk muslim kurang lebih 62.430.000 yang sebagian besar bermazhab Syi’ah. Iran juga memiliki sejarah panjang mulai dari zaman kekaisaran Persia sampai dengan masa kekhalifan Islam.

7. MESIR
Islam menyentuh wilayah Mesir pada 628 Masehi. Ketika itu Rasulullah mengirim surat pada Gubernur Mukaukis -yang berada di bawah kekuasaan Romawi-mengajak masuk Islam. Rasul bahkan menikahi gadis Mesir, Maria. Pada 639 Masehi, ketika Islam di bawah kepemimpinan Umar bin Khattab, 3000 pasukan Amru bin Ash memasuki Mesir dan kemudian diperkuat pasukan Zubair bin Awwam berkekuatan 4000 orang. Mukaukis didukung gereja Koptik menandatangani perjanjian damai. Sejak itu, Mesir menjadi wilayah kekuasaan Islam. Di masa kekuasaan Keluarga Umayah, dan kemudian Abbasiyah, Mesir menjadi salah satu provinsi terbesar. Khalifah Muiz membangun Masjid Besar Al-Azhar (dari “Al-Zahra”, nama panggilan Fatimah) yang dirampungkan pada 17 Ramadhan 359 Hijriah atau 970 Masehi. Mesjid inilah yang kemudian bekembang menjadi Universitas Al-Azhar sekarang, yang juga merupakan universitas tertua di dunia saat ini. Saat ini jumlah penduduk Islam di Mesir kurang lebih 58.630.000 jiwa

Baca Juga :  7 Keunggulan Mendaftar Ibadah Haji Plus ESQ Tours

8. NIGERIA
Nigeria memiliki jumlah penduduk muslim 53.000.000 jiwa atau 50 % dari jumlah keseluruhan penduduk Nigeria. Penyebaran Islam di Nigeria dibagi dalam tiga periode, yaitu periode Trans Sahara dan Afrika Utara, periode Atlantik dan periode kemerdekaan.

9. ALJAZAIR
Aljazair terletak di Benua Afrika, Jumlah penduduk muslim di Aljazair pada saat ini sekitar 30.530.000 jiwa. Islam pertama kali dibawa ke Aljazair oleh Bani Umayyah setelah invasi dinasti Uqba bin Nafi antara tahun 670-711 M.

10, MAROKO
Secara geografis, Maroko terletak di Benua Afrika. Jumlah penduduk muslim di Marokko kurang lebih 28.780.000 Jiwa. Dahulu, Maroko dikuasai oleh bangsa barbar. Ketika masuk Islam, bangsa barbar ini takluk dan memeluk agama Isalm. Maroko meninggalkan budaya Islam yang sangat kental.

Umroh Haji ESQ Tours Travel
Sumber: Berbagai Sumber

Leave a Reply