3 Masjid Utama untuk Muslim di Dunia, di Mana Saja?

3 Masjid Utama untuk Muslim di Dunia

Bagi umat Muslim, semua masjid adalah tempat ibadah yang suci dan mulia. Namun, ada tiga masjid yang memiliki kedudukan lebih utama dibandingkan dengan yang lain. Tahukah Sahabat ESQ masjid apa saja itu?

Ya, tiga tempat ibadah yang diutamakan ini adalah Masjid Al-Aqsha, Masjid Nabawi, dan Masjidil Haram.

Bahkan, Baginda Rasulullah Muhammad SAW menyebutkan:

“Janganlah kalian menempuh perjalanan jauh kecuali menuju ke tiga masjid: masjidku ini (Masjid Nabawi), masjid Al Haram, dan masjid Al Aqsha” (HR. Bukhari no. 1115 dan Muslim no. 1397).

Namun, apakah Sahabat ESQ tahu alasan mengapa tiga masjid tersebut dijadikan tempat utama bagi umat Muslim di dunia?

3 Masjid Utama untuk Muslim di Dunia Masjid Al Aqsha

1. Masjid Al-Aqsha

Sahabat ESQ tentu tahu kalau Masjid Al-Aqsha di Palestina adalah arah kiblat pertama umat Muslim sebelum dipindah ke Masjidil Haram. Namun, alasan mengapa tempat mulia ini diutamakan bukan hanya itu saja lho.

Baca Juga :  HAJI 2017 BANYAK JAMAAH HAJI YANG TUMBANG SAAT MELEMPAR JUMRAH, BAGAIMANA DENGAN JAMAAH HAJI ESQ ?

Ada banyak sekali jejak sejarah Islam yang bisa kita jumpai di tempat persinggahan Nabi Muhammad SAW saa peristiwa Isra Miraj. Tak cuma itu, masjid ini juga jadi bangunan kedua yang diletakkan oleh Allah di bumi.

2. Masjid Nabawi

Masjid terbesar kedua di dunia ini dibangun oleh Rasulullah bersama para sahabatnya saat tiba di Madinah. Di sinilah ajaran Islam yang penuh kemuliaan disebarkan. Masjid Nabawi selalu ramai dikunjungi oleh umat Muslim dunia yang melaksanakan umrah atau haji.

3. Masjidil Haram

Masjidil Haram berada di kota Mekkah atau kota suci dan mulia bagi umat Islam di dunia. Banyak sekali tanda keagungan Allah SWT yang bisa kita jumpai di Masjidil Haram ini. Mulai dari hadirnya Ka’bah yang jadi kiblat seluruh umat Muslim di dunia, Hajar Aswat batu hitam yang turun dari surga, batu maqam yang dijadikan pijakan oleh Nabi Ibrahim, air zam-zam, dan masih banyak lagi.

Baca Juga :  MEMAHAMI TANAH MUZDALIFAH BAGI PARA JAMAH HAJI DARI MASA KE MASA

Dari sekian banyak destinasi impian yang ingin dikunjungi oleh Anda, ketiga tempat yang mulia ini tentu masuk ke dalam daftar utamanya. Sahabat ESQ pastinya ingin juga memiliki kesempatan beribadah ke tiga masjid ini kan?

Kami doakan semoga sahabat ESQ bisa mengunjungi ketiga tempat yang mulia ini. amin ya robbal alamin..

Leave a Reply

1
Assalamualaikum,
ada yang bisa kami bantu ?