5 Tips Umroh Bersama Anak agar Terasa Lebih Menyenangkan

By January 16, 2020ESQ Umrah
esq-tours-travel-5-Tips-Umroh-Bersama-Anak

Menghabiskan family time dengan seluruh anggota keluarga terutama anak-anak bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan menunaikan ibadah bersama. Tapi sebagai orang tua, pasti ada ketakutan tersendiri saat hendak merencanakan ibadah seperti umroh bersama si kecil. Apakah anak akan bisa melewati setiap prosesnya? Apa mereka tidak akan rewel dan bagaimana caranya agar ibadah jadi menyenangkan?

Untuk Anda yang ingin mengajak si kecil, mari simak tips umroh bersama anak berikut ini!

  • Memilih Waktu Keberangkatan yang Pas

Karena perbedaan suhu antara tanah air dengan Arab Saudi, anak-anak mungkin butuh waktu lebih lama untuk beradaptasi. Agar mereka tidak terganggu karena cuaca yang panas, rencanakanlah umroh pada akhir atau awal tahun. Ini karena cuaca di waktu-waktu tersebut tidak sepanas pertengahan tahun. 

Salah satu kekhawatiran lain para orang tua yang ingin mengajak anaknya umroh adalah izin sekolahnya. Jika anak sudah berusia cukup besar (misalnya kelas  6 sekolah dasar atau SMP), Anda dapat memilih Juni hingga Juli yang merupakan waktu libur panjang. Tapi perlu diingat bahwa pada bulan-bulan ini cuaca di Arab Saudi sedang panas.

  • Persiapkan Diri Anak Jauh-Jauh Hari

Membawa anak yang belum memasuki usia sekolah tentu jauh lebih merepotkan. Tapi bukan berarti Anda tidak bisa melakukannya. Siapkan dengan baik perlengkapan si kecil jauh-jauh hari, termasuk makanan dan camilannya. Sediakan juga santapan cepat saji untuk berjaga-jaga seandainya menu katering yang disediakan tak sesuai dengan seleranya.

Baca Juga :  Butuh Rekomendasi Tempat Wisata Belanja di Arab Saudi

Selain masalah makanan, kenyamanan berpakaian juga harus diperhatikan. Pilihlah baju dengan material katun breathable yang nyaman dan disukai anak. Jika khawatir si kecil kelelahan selama menemani beribadah, Anda bisa membawa stroller. Jangan lupa berikan tanda pengenal anak ke manapun si kecil pergi untuk mengantisipasi seandainya dia terpisah dari Anda dan rombongan.

  • Utamakan Kesehatan Si Kecil

Agar ibadah Anda berjalan lancar dan si kecil menikmati perjalanan, salah satu tips umroh bersama anak yang sangat penting untuk diperhatikan adalah kesehatan anak. Bukan hanya ketika sedang berada di tanah suci, tapi juga jauh-jauh hari sebelum keberangkatan.

Selain memberikan makanan bernutrisi, Anda juga dapat melatih fisiknya dengan rutin berjalan-jalan seminggu atau dua minggu sebelum berangkat. Jangan lupa periksakan kondisi anak pada dokter dan beri dia vaksinasi sesuai yang disarankan oleh pihak penyelenggara umroh. Ingat bahwa kesehatan si kecil adalah yang paling utama. Pastikan dia berangkat dan kembali dalam keadaan sehat.

  • Usahakan agar Si Kecil Tetap Nyaman

Salah satu cara untuk memastikan kenyamanan anak adalah dengan memilih lokasi penginapan yang tidak terlalu jauh dari masjid. Selain untuk mencegah si kecil lelah karena berjalan, Anda juga dapat melibatkannya langsung dalam setiap prosesi umroh. Dengan begitu dia juga bisa sekalian belajar.

Baca Juga :  5 Fakta Masjid Nabawi yang mungkin belum anda ketahui

Perlu diingat bahwa Anda membawa si kecil bukanlah untuk menuntutnya mengikuti semua kegiatan dengan sempurna. Jangan berekspektasi terlalu tinggi. Kalau dia lelah atau menangis, tidak perlu memaksakan kehendak. Lakukan kerja sama yang maksimal dengan pasangan agar ibadah tetap khusyuk bagi Anda tapi juga menyenangkan bagi anak.

  • Ajak Si Kecil Berkeliling

Anak-anak pada dasarnya adalah pribadi yang lekas bosan. Memaksanya ikut hanya untuk membuatnya mengikuti semua prosesi ibadah juga bukan merupakan hal yang bijak. Jangan lupa sempatkan waktu mengajaknya berkeliling dan melakukan kegiatan lain di luar aktivitas umroh. Sekadar jalan-jalan di pusat perbelanjaan atau mencoba camilan setempat juga bisa Anda coba.

Mengajak anak-anak melakukan traveling memang bukan perkara mudah. Apalagi dengan tujuan ibadah seperti. Lewat beberapa tips umroh bersama anak di atas, jadikan ibadah Anda sebagai langkah untuk mendekatkan diri pada Allah dan mengakrabkan diri dengan anak-anak.

Jika Anda belum punya rencana akhir tahun, tidak ada salahnya melaksanakan ibadah umroh bersama anak. Bersama ESQ Tours, temukan beragam paket umroh, haji hingga wisata halal untuk mengisi hari libur Anda sekeluarga.

1
Assalamualaikum,
ada yang bisa kami bantu ?