Ketahui 7 Keistimewaan Ibadah Umroh bagi Umat Muslim

By January 3, 2020 ESQ Umrah
Ketahui-7-Keistimewaan-Ibadah-Umroh-bagi-Umat-Muslim

Beribadah dan berdoa langsung ke rumah Allah merupakan impian seluruh umat muslim di dunia. Semua kegiatan ibadah ini bisa dilakukan dengan mengikuti umroh. Rangkaian ibadah umroh yang dikerjakan di Tanah Suci akan membawa kebaikan, pahala, serta mendatangkan rida dari Allah SUBHANAHU WA TA’ALA Umroh merupakan salah satu ibadah yang memiliki keistimewaan. Yuk, simak 7 keistimewaan ibadah umroh bagi umat muslim berikut ini. 

  • Ibadah yang Bersifat Kaffaroh atau Penghapus Dosa

Keistimewaan pertama, ibadah ini bersifat kaffaroh atau penghapus dosa. Allah akan menghapus dosa-dosa Anda di antara pelaksanaan umroh yang satu dengan umroh selanjutnya. Maksudnya adalah Allah SUBHANAHU WA TA’ALA akan mengampuni semua dosa saat Anda beribadah umroh 3 atau 5 tahun lalu, serta dosa-dosa ketika Anda beribadah umroh lagi. 

  • Jemaah Umroh merupakan Tamu-Tamu Allah yang Doanya Diijabah

Ibadah umroh menjadi spesial karena para jemaah umroh yang datang ke Tanah Suci menjadi tamu-tamu Allah. Dengan izin-Nya, mereka akan dimuliakan dan ketika berdoa dengan khusyuk, Allah akan mengijabah doa-doa mereka. Ini merupakan suatu keistimewaan utama dari ibadah umroh.

  • Fadilah Pahala Satu Kali Umroh dan Salat Dua Rakaat di Masjid Quba

Banyak rangkaian ibadah yang dilakukan saat beribadah umroh. Salah satunya adalah salat di Masjid Quba. Lokasi Masjid Quba sendiri berada di luar kota Madinah. Fadilat salat di Masjid Quba sangat besar, maka tak salah ibadah umroh dan salat dua rakaat di masjid ini memiliki keistimewaan sendiri.

Baca Juga :  Umroh Menjadi Sebuah Momentum Perjalanan Ibadah Terbaik

Berdasarkan hadis yang diriwayatkan oleh Abu bin Sahl bin Hunaif RA, Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda, “Barang siapa bersuci di rumahnya, kemudian mendatangi Masjid Quba, lalu salat di dalamnya, maka baginya pahala seperti pahala umroh.”  Jadi, sempatkan diri untuk salat di Masjid Quba.

  • Setara Ibadah Haji saat Dilakukan Di Bulan Ramadan

Berdasarkan hadis yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim, keistimewaan ibadah umroh lainnya adalah pahala ibadah umroh setara dengan ibadah haji saat dilakukan di bulan Ramadan. Jadi, jika Anda memiliki rezeki dan kesempatan, beribadah umrohlah saat bulan Ramadan.

  • Melipatgandakan Rezeki

Beribadah umroh membutuhkan biaya yang cukup banyak. Namun, melakukan ibadah umroh juga tidak akan membuat miskin. Bahkan Allah akan menjadikan rezeki berlipat ganda setelah selesai umroh. Kehidupan akan menjadi lebih baik dan keluarga mendapat berkah karena telah mendekatkan diri kepada Allah. 

Berdasarkan hadis yang diriwayatkan At Tirmidzi, Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda, “Ikutkanlah umroh kepada haji, karena umroh dan haji bisa menghilangkan kemiskinan dan dosa-dosa sebagaimana api menghilangkan karat pada besi, emas, dan perak. Sementara tidak ada pahala bagi haji yang mabrur kecuali surga.” Jadi, jangan takut untuk berangkat umroh karena Allah akan mengganti rezeki Anda jauh lebih besar. 

  • Pahala Dicatat sampai Hari Kiamat ketika Meninggal saat Menjalankan Umroh 
Baca Juga :  7 Larangan Saat Umroh ini Wajib Anda Ketahui

Salah satu keistimewaan ibadah umroh adalah para jemaah yang meninggal saat menjalankan umroh pahalanya akan dicatat sampai hari kiamat. Keutamaan orang yang meninggal saat berada di tengah pelaksanaan haji dan umroh (keadaan berihram) adalah memperoleh nikmat pahala yang dicatat sampai hari kiamat. 

  • Pahala Salat saat Umroh hingga 100.000 Kali 

Beribadah umroh memiliki keistimewaan yaitu mendapatkan pahala salat saat umroh hingga mencapai 100.000 kali. Hal ini terdapat dalam hadis yang diriwayatkan oleh Al-Mundziri dan Al-Bushoiry. Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda, “Salat di masjidku, lebih utama 1000 kali dibandingkan salat di selainnya, kecuali Masjidil Haram. Dan salat di Masjidil Haram lebih utama 100 ribu dibandingkan salat di selainnya.” 

Hadis ini sanadnya sahih karena sesuai dengan persyaratan yang diajukan Bukhori dan Muslim. Fadilat salat di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi menunjukkan bukti betapa Allah Maha Pemurah terhadap umat-Nya yang bersungguh-sungguh mencari rida dan ampunan-Nya.

Inilah 7 keistimewaan ibadah umroh yang umat muslim perlu ketahui. Dapatkan fadilat dan keistimewaan langsung dari Allah dengan melakukan ibadah umroh. Mulailah dengan mendaftarkan diri dan keluarga ke ESQ Tours. ESQ Tours ini telah meraih World Halal Tourism Awards sebagai agen tour travel tepercaya dan terbaik di Indonesia. Jadi, percayakan umroh Anda bersama ESQ Tours.

1
Assalamualaikum,
ada yang bisa kami bantu ?
Powered by