Berapa Lama Masa Tunggu Haji Plus?

By January 3, 2020 ESQ Haji

Kemauan umat Islam di dunia dalam melaksanakan ibadah haji sangatlah tinggi. Pendaftaran haji dari tahun ke tahun terus meningkat. Terlebih, Indonesia terkenal dengan jumlah jemaah haji terbanyak di dunia. Setelah mendaftar, muslim pun harus menunggu bertahun-tahun sebelum berangkat haji. Untuk mempersingkat masa tunggu, ada layanan Haji Plus yang bisa dipilih.

Berapa lama masa tunggu Haji Plus? Selain itu, berapa lama pula waktu pelaksanaan Haji Plus? Ketahui jawabannya dari ringkasan di bawah ini.

Perbandingan Masa Tunggu Haji Plus dengan Haji Reguler

Salah satu keunggulan Haji Plus adalah waktu penantian keberangkatannya yang cukup singkat dibandingkan Haji Reguler. Saat ini, Anda hanya perlu menunggu selama 5-8 tahun sebelum berangkat ke tanah suci. Jadi, harganya yang dua kali lipat dari Haji Reguler sebanding dengan keunggulan yang ditawarkan. Haji Plus sangat cocok untuk orang-orang lansia yang ingin menunaikan haji.

Sementara itu, Haji Reguler sekarang ini membutuhkan waktu dari 11 hingga 34 tahun. Tentunya jangka waktu ini sangat panjang dan tidak dianjurkan untuk lansia. Jika Anda masih muda dan mau menunggu selama itu, memang tak ada salahnya memilih paket Reguler. Namun, jika memiliki bujet lebih, Haji Plus bisa menjadi pilihan yang paling tepat untuk mempersingkat masa tunggu.

Mengapa Masa Tunggunya Berbeda?

Baca Juga :  Raudhah, Tempat Mustajab Untuk Berdoa di Tanah Suci

Perbedaan masa tunggu Haji Plus dan Haji Reguler disebabkan oleh ketidakseimbangan calon haji yang melakukan pendaftaran dan jatah kuota setiap tahunnya. Masa tunggu Haji Reguler pun berbeda-beda di setiap provinsi. Oleh karena itu, Anda harus cermat dalam memilih paket perjalanan haji. Pilihlah sesuai kemampuan dan kebutuhan, sebagaimana sabda Nabi Muhammad saw., yakni:

“Wahai manusia, telah diwajibkan atas kalian berhaji maka berhajilah”, kemudian ada seorang bertanya: “Apakah setiap tahun Wahai Rasulullah?”, Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam tidak menjawab sampai ditanya tiga kali, barulah setelah itu beliau menjawab: “Jika aku katakan: “Iya”, maka niscaya akan diwajibkan setiap tahun belum tentu kalian sanggup, maka biarkanlah apa yang sudah aku tinggalkan untuk kalian, karena sesungguhnya telah binasa orang-orang sebelum kalian, akibat banyaknya pertanyaan dan penyelisihan mereka terhadap nabi mereka, maka jika aku perintahkan kalian dengan sesuatu, kerjakanlah darinya sesuai dengan kemampuan kalian dan jika aku telah melarang kalian akan sesuatu maka tinggalkanlah”. (Hadis Riwayat Muslim)

Waktu Pelaksanaan Haji Plus dan Haji Reguler

Program dan jadwal pelaksanaan paket Plus dan Reguler berbeda. Haji Plus biasanya hanya berkisar 15-19 hari jika tidak melakukan salat arbain di Masjid Nabawi. Sementara itu, Anda memerlukan 26-30 hari jika melakukan salat arbain. Untuk Haji Reguler, waktu pelaksanaannya yaitu sekitar 40 hari.

Baca Juga :  Pharetra interdum

Anjuran untuk Menyegerakan Berhaji

  • Allah Swt. Berfirman dalam Quran Surah Ali Imran ayat 97, yakni:

وَلِلَّهِ عَلَى النَّاسِ حِجُّ الْبَيْتِ مَنِ اسْتَطَاعَ إِلَيْهِ سَبِيلًا

“Mengerjakan haji adalah kewajiban menusia terhadap Allah, yaitu (bagi) orang yang sanggup mengadakan perjalanan ke Baitullah.” (Quran Surah Ali Imran : 97)

  • Imam Ahmad dan ashabus sunan meriwayatkan bahwa Nabi Muhammad saw. bersabda,

تَعَجَّلُواالْحَجَّ- يَعْنِِى الْفَرِضَةَ- فَإِنَّ أَحَدَكُمْ لاَيَدْرِيْ مَايَعْرِضُ لَهُ

“Bersegeralah berhaji—yakni haji yang wajib—sebab sesungguhnya seseorang tidak mengetahui apa yang akan menimpa kepadanya.” (Hadis Riwayat Ahmad dan lainnya)

  • Dalam riwayat yang lain, Rasulullah saw. bersabda,

مَنْ أَرَادَ الْحَجَّ فَلْيَتَعَجَّلْ، فَإِنَّهُ قَدْ يَمْرَ ضُ وَتَضِلُّ الرَّاحِلَةُ وَتَعْرِضُ الْحَاجَةُ

“Barang siapa ingin haji, maka hendaklah dia melakukannya dengan segera. Sebab boleh jadi dia nanti sakit, kendaraannya hilang, dan ada keperluan baru.” (Hadis Riwayat Ahmad dan Ibnu Majah)

Sekian pembahasan tentang masa tunggu Haji Plus yang wajib Anda ketahui. Jika tidak ingin menunggu terlalu lama, paket ini merupakan pilihan yang paling tepat. Anda bisa menemukan paket Haji Plus di ESQ Tours. Agen perjalanan terbaik dan tepercaya di Indonesia ini telah meraih World Halal Tourism Awards. Cek pembaruan jadwal dan harga Haji Plus di Haji Plus ESQ Tours Travel .

1
Assalamualaikum,
ada yang bisa kami bantu ?
Powered by