5 Fakta Masjid Al Aqsa yang Harus Anda Ketahui

By February 27, 2018 March 26th, 2018 ESQ Haji
ESQ Tours Travel | Fakta Masjid Al Aqsa

Bisa berkunjung dan beribadah ke Masjid Al-Aqsha merupakan kesempatan emas bagi semua umat Islam di dunia. Di sana kita dapat memaknai perjuangan para saudara sesama Muslim di Palestina dalam mempertahankan masjid yang suci ini dari pendudukan Israel.

Lokasi Masjid Al-Aqsha memang berada di daerah konflik antara warga Palestina dan Israel. Inilah alasan banyak orang yang mengurungkan niat untuk datang ke sana.

Namun, keinginan Anda untuk dapat berkunjung ke masjid suci ini akan semakin bertambah kalau mengetahui beberapa fakta penting berikut ini!

inilah 5 Fakta Masjid Al Aqsa

1. Masjid Utama di Dunia

Fakta Masjid Al Aqsa yang pertama, Masjid Al-Aqsha merupakan satu dari tiga masjid yang diutamakan oleh Baginda Rasulullah SAW. Bahkan, dalam sebuah hadits dikatakan,

“Janganlah kalian menempuh perjalanan jauh kecuali menuju ke tiga masjid: masjidku ini (Masjid Nabawi), masjid Al Haram, dan masjid Al Aqsha” (HR. Bukhari no. 1115 dan Muslim no. 1397).

Inilah alasan mengapa umat Muslim yang beribadah di sana dijanjikan mendapat pahala yang berlipat.

2. Saksi Bisu Peristiwa Besar Bagi Umat Muslim

Masjid Al-Aqsha merupakan saksi bisu sebuah peristiwa besar bagi semua umat Muslim di dunia yaitu Isra Miraj. Pada dua perjalanan berbeda yang dilakukan selama semalam ini Nabi Muhammad SAW mendapat perintah untuk jalankan salat lima waktu dalam sehari.

3. Kiblat Pertama Umat Islam

Sebelum ka’bah, kiblat pertama umat Muslim ternyata menghadap ke Masjid Al-Aqsha. Tak cuma karena Isra Mi’raj. Hal ini juga dimaksudkan agar umat Islam dapat beribadah dengan menghadap tempat yang suci dan bebas dari berbagai sesembahan.

Sebab, saat perintah salat pertama diturunkan, kondisi ka’bah memang masih dipenuhi dengan ratusan berhala. Perintah untuk mengubah arah kiblat ke Masjidil Haram akhirnya terjadi 16-17 bulan setelah Baginda Rasulullah hijrah ke Madinah.

4. Tempat Lahirnya Ihya Ulumuddin 

Ihya Ulumuddin merupakan kitab yang membahas tasawuf dan fiqih secara lengkap. Kitab ini bahkan banyak dipakai oleh umat Islam untuk menghidupkan sunnah-sunnah Rasul. Ihya Ulummuddin merupakan karya besar seorang Imam Al-Ghazali yang dibuat di Masjid Al-Aqsha.

5. Kompleks Masjid yang Luas

Banyak yang mengira kalau Masjid Al-Aqsha adalah masjid berkubah emas atau Dome of Rock. Padahal Masjid Al-Aqsha merupakan sebuah kompleks yang cukup luas karena ada beberapa masjid lain yang ada di sana. Selain Dome of Rock ada pula Masjid Qibly, Masjid Buraq, dan Masjid Marwani. Posisi Masjid Al-Aqsha yang diperjuangkan oleh umat Muslim Palestina adalah yang lokasinya yang berada dekat dengan tembok ratapan.

Sahabat ESQ tentu jadi semakin ingin kan menginjakan kaki, beribadah, dan memaknai perjuangan umat Muslim di sana?

Ikuti paket trip Golden Civilization Series #2 08D Paket tour muslim wisata halal Aqsa bersama ESQ Tours Travel. Rasakan pemaknaan dahsyat dalam setiap langkah perjalanan wisata halal yang Anda lakukan.

Untuk info selengkapnya, silakan cek link berikut ini!

Leave a Reply

1
Assalamualaikum,
ada yang bisa kami bantu ?
Powered by