Ini 8 Tempat Doa Mustajab saat Umroh yang Wajib Diketahui

By November 22, 2019ESQ Umrah
Ini Pahala Umroh di Bulan Ramadhan Yang Akan Anda Dapatkan

Dalam Alquran surah AlGhaafir ayat 60 dikatakan dengan jelas dalam bahwa Allah SWT. sangatlah senang kepada hamba-Nya yang selalu berdoa dan meminta apa pun kepada-Nya. Allah SWT pun sudah berjanji akan mengabulkan doa hamba–hamba-Nya.

Meskipun berdoa dapat dilakukan di mana dan kapan saja, tetapi ketika kita menjadi tamu Allah saat berumroh, tentu menjadi waktu berdoa yang istimewa. Untuk itu Anda perlu mengetahui 8 tempat doa mustajab saat umroh ini agar tidak terlewatkan.

  • Di Multazam di antara Hajar Aswad dan sebelum Pintu Ka’bah

Multazam menjadi tempat doa yang mustajab saat jemaah menunaikan ibadah umroh. Hal ini termaktub dari Ibnu Abbas r.a bahwa Rasulullah saw bersabda:

“Multazam adalah tempat dikabulkannya doa. Tidak ada satu pun doa seorang hamba di Multazam kecuali akan dikabulkan.” (HR. Ahmad dalam Musnad Imam Ahmad Jilid V, hal. 347).

  • Masjidil Haram

Masjidil Haram merupakan masjid terbesar di dunia dengan kapasitas hingga 4 juta jemaah. Banyak tempat utama untuk berdoa dan salat di Masjidil Haram ini yang lebih utama jika dibandingkan salat di tempat lain.

“Salat di masjidku (Masjid Nabawi) lebih baik daripada 1000 shalat di tempat lain, kecuali di Masjid Haram. Salat di Al Masjid Haram lebih baik daripada 100.000 kali shalat di tempat lain.” (HR. Ibnu Majah)

  • Hijir Ismail (Talang Emas) 

Hijir Ismail atau Talang Emas terletak di sebelah utara Kakbah dan dipagari oleh tembok rendah berbentuk setengah lingkaran. Saat di Hijr Ismail yang terletak di utara Kabah ini, terdapat amalan yang biasa dilakukan yaitu salat sunah, berdzikir, dan berdoa. Rasulullah SAW. bersabda, “Dari Aisyah r.a. berkata: Aku ingin sekali masuk ke dalam Kakbah untuk salat di dalamnya.” 

Maka Rasulullah Saw. menarik tanganku masuk ke Hijir Ismail seraya berkata “Apabila engkau mau masuk ke dalam Kakbah, maka sesungguhnya hijir ini sebagian dari Kakbah. Karena kaummu ketika membina Kakbah kembali menguranginya hingga Hijir itu berada di luar Kakbah.” (hadist riwayat Ahmad, Abu Daud, Nasai, dan Tirmizi).

  • Rukun Yamani dan Hajar Aswad 
Baca Juga :  Ini Dia Keistimewaan Umroh Ramadhan Yang Perlu Anda Tahu

Rukun yaitu tiang, merupakan 4 sudut Kakbah yang disebut Rukun Aswad, Rukun Iraqi, Rukun Syami, dan Rukun Yamani. Sedangkan Rukun Aswad atau Hajar Aswad adalah posisi “batu hitam”, yang menjadi posisi permulaan jemaah haji saat bertawaf. Oleh karenanya, berdoa di Hajar Aswad sangat manjur dan disunahkan mencium batu hitam ini.

“Dan (ingatlah), ketika ibrahim meninggikan (membina) dasar-dasar Baitullah bersama Ismail (seraya berdoa): “Ya Tuhan kami, terimalah daripada kami (amalan kami), sesungguhnya Engkaulah yang maha mendengar lagi maha mengetahui.” (QS Al Baqarah: 127).

  • Di Belakang Makam Ibrahim

Makam Ibrahim merupakan salah satu tempat doa mustajab saat umroh, karena setiap doa akan dikabulkan oleh Allah. Makam Ibrahim ini berupa bangunan kecil berkubah emas, perak, dan berlapis kaca, terletak setelah pintu Kakbah di sebelah timur. 

Di sekitar makam Ibrahim ini, para jamaah melakukan salat sunah selesai tawaf. Ibnu Abbas menyebutkan: “Tidak ada sesuatu pun di dunia ini yang berasal dari surga, kecuali Hajar Aswad dan makam Ibrahim”. 

  • Sumur Zam-zam 

Salah satu tempat doa mustajab saat umroh lainnya yaitu Sumur Zam-Zam yang berada di Kota Mekah. Para Jemaah sebaiknya berniat terlebih dahulu saat hendak meminum air zam-zam ini. Insyaallah doanya akan dikabulkan oleh Allah SWT.

Rasulullah Saw meminum air dari sumur zam-zam dan beliau bersabda: “Air Zam-zam penuh berkah dan makanan yang mengenyanginya dan obat bagi penyakit. Jibril mencuci hatiku pada malam isra’ adalah dengan air sumur itu.” (HR Bukhari Muslim)

  • Ar-Raudah
Baca Juga :  Biaya Umroh dan Haji Naik 5% di Tahun 2018

Raudah yang berarti taman surga ini merupakan sebuah area kecil di Masjid Nabawi antara mimbar Imam Masjid Nabawi dengan makam  Nabi Muhammad Saw., Abu Bakar As Sidiq, dan Umar bin Khattab. 

Saat memasuki Ar-Raudah disunahkan untuk salat sunah 4 rakaat, berzikir, berdoa, serta membaca Alqur’an. Rasulullah Saw. bersabda: “Tempat antara rumahku dan mimbarku adalah taman dari taman-taman surga.” (HR. Muslim).

  • Bukit Shafa dan Marwa

Bukit Shafa dan Marwa merupakan dua bukit yang terletak tak jauh dari Kakbah. Jarak antara bukit Shafa dan Marwah kurang lebih 450 m. Diriwayatkan dari Jabir dari Abdullah, Rasulullah SAW bersabda pergi menuju Shafa hingga melihat Kakbah. Setelah itu, mengucapkan kalimat tauhid, tahmid, dan takbir sebanyak tiga kali. Kemudian berdoa sesuai dengan apa yang beliau kehendaki.” (HR. An Nasa’i)

Nah, itulah 8 tempat doa mustajab saat umroh yang sayang bila dilewatkan. Jika Anda berencana umroh dalam waktu dekat, hubungi ESQ Tours. ESQ Tours adalah agen tour travel terbaik dan tepercaya di Indonesia sebagai peraih World Halal Tourism Awards. Jadi, sudah siap untuk berumroh?

1
Assalamualaikum,
ada yang bisa kami bantu ?