Simak Seluk-Beluk tentang Haji Plus

By November 21, 2019ESQ Haji
01---Argha---Paket-Spesial-Umroh-di-Bulan-Ramadhan-Ala-ESQ-Tours

Calon jemaah haji di Indonesia bisa memilih di antara dua cara, yaitu reguler dan plus. Cara biasa atau ONH Reguler diadakan oleh pemerintah. Sementara itu, ONH Plus diselenggarakan oleh pihak swasta yang telah diawasi pemerintah. Sebagian orang memilih ONH Plus karena beberapa keunggulan yang didapatkan dibandingkan ONH Reguler.

Ingin tahu lebih jauh tentang Haji Plus? Berikut ini penjelasan singkat yang telah dirangkum untuk Anda.

Apa Itu ONH Plus?

ONH Plus merupakan paket perjalanan haji yang diselenggarakan oleh agen atau biro tur swasta. Agen-agen resmi ini akan diawasi oleh pemerintah supaya tetap terjamin keamanan dan kualitasnya. Harga dari Haji Plus cenderung lebih mahal dibandingkan Haji Reguler. Biayanya yang mahal dikarenakan berbagai fasilitas dan keunggulan yang ditawarkan.

Kelebihan Haji Plus Dibandingkan Haji Reguler

  • Masa tunggu keberangkatan waktu pelaksanaan yang singkat

Keunggulan yang satu ini menjadi incaran bagi sebagian orang Indonesia yang ingin berangkat haji. Masa tunggu keberangkatan haji dengan paket Plus lebih singkat dibandingkan Reguler. Umumnya, Anda bisa berangkat kurang dari 10 tahun setelah pendaftaran. Jadi, bagi yang mampu dan ingin segera berangkat ke tanah suci, paket yang satu ini sangat dianjurkan untuk dipilih.

Waktu pelaksanaan haji pun cukup singkat. Haji Reguler membutuhkan waktu 40 hari atau dihitung dari hari keberangkatan hingga pulang ke Indonesia. Nah, paket Plus hanya memerlukan waktu 26-30 hari untuk salat arba’in di Masjid Nabawi dan 15 hingga 19 hari jika tanpa arba’in. Orang-orang yang melaksanakan salat arba’in atau salat empat puluh waktu harus menginap di Madinah selama minimum 8 hari.

  • Lokasi penginapan
Baca Juga :  Ada Perubahan Pintuk Masuk di Masjidil Haram

Tempat menginap yang disediakan paket Plus biasanya lebih dekat dengan lokasi pelaksanaan haji, yaitu Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Sementara itu, hotel-hotel untuk jemaah Haji Reguler ditentukan oleh pemerintah dan dibagi sesuai kloter dan wilayah. Jarak hotelnya bisa berkisar antara 3 sampai 5 km ke Masjidil Haram. Sebaliknya, jarak penginapan Haji Plus bisa kurang dari itu.

  • Fasilitas yang jauh lebih beragam

Kelebihan selanjutnya adalah fasilitas yang lebih beragam. Untuk ONH Plus, pihak penyelenggara swasta yang akan menyediakan maskapai penerbangan. Maka dari itu, masing-masing agen memiliki tawaran transportasi yang berbeda. Anda juga akan mendapatkan tawaran penginapan yang sesuai keinginan. Sementara itu, semua fasilitas ONH Reguler telah distandarkan oleh Kementerian Agama.

  • Kebutuhan konsumsi dan akomodasi yang ditanggung penyelenggara

Pihak penyelenggara Haji Khusus telah menyediakan kebutuhan akomodasi dan konsumsi, seperti makan, minum, penginapan, dan transportasi. Untuk Haji Reguler akomodasi menginap dan transportasi memang sudah disediakan. Namun, jemaah Reguler harus memikirkan kebutuhan konsumsi di waktu tertentu. Pemerintah hanya menanggung konsumsi selama 10 hari, sisanya akan ditanggung pribadi.

  • Bimbingan eksklusif dan intensif
Baca Juga :  Inilah Macam-Macam Haji yang Perlu Diketahui

Haji Khusus memiliki kesempatan untuk memperoleh bimbingan eksklusif dan intensif sebelum keberangkatan. Hal ini karena jumlah calon jemaah Haji Khusus biasanya lebih sedikit dibandingkan Haji Reguler. Bimbingan yang intensif tentunya akan membuat ibadah Anda menjadi lebih maksimal.

Cara Mendaftar ONH Plus

Untuk mendaftar ONH Plus, Anda tidak perlu mendaftar ke Kementerian Agama, tetapi langsung ke biro jasa perjalanan haji yang dituju. Pastikan agen sudah mengantongi izin resmi dari Departemen Agama RI. Calon jemaah langsung menyetorkan uang ke rekening biro jasa tur. Proses dengan Kementerian Agama akan dilanjutkan oleh staf kantor travel tersebut.

Anda perlu mempersiapkan kesehatan jasmani dan rohani yang baik untuk mendaftar. Jangan lupa untuk membawa dokumen-dokumen penting, seperti KTP, Kartu Keluarga, paspor internasional, surat nikah, dan pas foto. Selanjutnya, siapkan uang muka pendaftaran. Sisanya bisa Anda bayarkan setelah pemerintah memberikan pengumuman resmi.

Sekian pembahasan dan seluk-beluk tentang Haji Plus yang patut untuk disimak. Apakah Anda tertarik untuk memilih cara naik haji yang satu ini? Jika berminat, cobalah menggunakan jasa perjalanan dari ESQ Tours, agen tur tepercaya dan terbaik di Indonesia. Terlebih, ESQ Tours telah meraih World Halal Tourism Awards sehingga terjamin kualitasnya. Info selengkapnya? Klik Haji Plus

1
Assalamualaikum,
ada yang bisa kami bantu ?