Inilah 7 Keutamaan Umroh Beserta Dalil-dalilnya bagi Umat Muslim

By January 20, 2020 ESQ Umrah
Inilah-7-Keutamaan-Umroh-Beserta-Dalil-dalilnya-bagi-Umat-Muslim

Umroh sering disebut dengan haji kecil. Ibadah ini merupakan ibadah yang hukumnya sunah. Tata cara beribadah umroh pun hampir menyerupai tata cara haji. Yang membedakannya hanyalah rukunnya. Walau ibadah umroh hukumnya sunah, ibadah ini memiliki banyak keutamaan bagi mereka yang melaksanakannya. Yuk, simak 7 keutamaan umroh beserta dalil-dalilnya bagi umat muslim berikut ini. 

  • Menjauhkan Kemiskinan

Biaya untuk beribadah umroh cukup besar. Namun, banyak jemaah umroh setelah beribadah merasakan ketenangan dan mendapatkan rezeki yang berlipat ganda. Ini merupakan salah satu keutamaan dari ibadah umroh. 

Menurut hadis yang diriwayatkan HR. Tirmidzi dan disahihkan oleh Syaikh Al-Albani, Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda, “Ikutkanlah umroh kepada haji, karena keduanya menghilangkan kemiskinan dan dosa-dosa sebagaimana pembakaran menghilangkan karat pada besi, emas, dan perak. Sementara tidak ada pahala bagi haji yang mabrur kecuali surga”.

  • Penghapus Dosa

Beribadah umroh dapat menghapus dosa. Jika Anda pernah melakukan umroh 5 tahun lalu dan berencana beribadah umroh di tahun ini, maka dosa-dosa mulai dari umroh 5 tahun lalu hingga ke umroh sekarang akan Allah Subhanahu wa Ta’ala ampuni dosa-dosanya. 

Hal ini tertulis dalam hadis HR. Bukhari no. 1773 dan Muslim no. 1349, diriwayatkan Abu Hurairah, Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda, “Antara umroh yang satu dan umroh lainnya, itu akan menghapuskan dosa di antara keduanya. Dan haji mabrur tidak ada balasannya melainkan surga.” 

  • Mempererat Tali Silaturahmi antar Umat Muslim

Salah satu keutamaan umroh adalah dapat mempererat tali silaturahmi antar umat muslim. Dalam Alquran Surah Ali Imran ayat 103 dinyatakan, “Dan berpegang teguhlah kamu sekalian dengan tali Allah dan janganlah kamu sekalian berpecah belah, dan ingatlah nikmat Allah atas kamu semua ketika kamu bermusuh-musuhan maka Dia (Allah) menjinakkan antara hati-hati kamu  maka kamu menjadi bersaudara”.

Baca Juga :  Butuh Rekomendasi Tempat Wisata Belanja di Arab Saudi

Dari surah di atas, ibadah umroh secara aspek sosial (hablun minannas) memberikan manfaat dalam mempererat tali silaturahmi antar sesama muslim. Melalui ibadah umroh, Anda bisa berkenalan dengan orang-orang dari berbagai kota di Indonesia hingga berbeda negara. Bisa saja sebagian dari mereka akan menjadi teman atau saudara.

  • Jihad Para Perempuan

Keutamaan umroh lainnya adalah sebagai jihad para perempuan. Jihad merupakan ibadah yang mendapatkan pahala yang sangat besar dari Allah SUBHANAHU WA TA’ALA Perempuan diberikan kesempatan untuk berjihad lewat ibadah umroh atau haji. 

Berdasarkan hadis HR. An-Nasa’i, diriwayatkan oleh Abu Hurairah Ra, Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda, “Jihad orang yang tua, orang yang lemah, dan wanita adalah haji dan umroh.” Hadis ini diperkuat oleh HR. Ibdu Majah dan disahihkan oleh Al-Albani, Aisyah bertanya kepada Rasulullah, “Ya Rasulullah, apakah ada kewajiban berjihad bagi kaum wanita?” Rasulullah menjawab, “Bagi wanita adalah jihad yang tidak ada peperangan padanya, yaitu haji dan umroh”.

  •  Mendapat Ketenangan Hati

Ketika hati tidak merasa tenang, lakukanlah ibadah umroh. Salah satu keutamaan umroh adalah dapat memberikan ketenangan dan ketenteraman hati bagi yang melakukannya. Selain mendapat ketenangan dan ketenteraman hati, insya Allah Anda akan mendapatkan limpahan barokah dan kekayaan rezeki. 

Hal ini dijelaskan dalam hadis Tuhfatul Ahwazi, diriwayatkan oleh Syaikh Abul ‘Ula Al-Mubarakfuri Ra, “Haji dan umroh menghilangkan kefakiran, bisa bermakna kefakiran secara dzahir, dengan terwujudnya kecukupan harta. Bisa juga bermakna batin yaitu terwujudnya kekayaan dalam hati”. 

  • Doa Jemaah Umroh Dikabulkan
Baca Juga :  Ketahui 7 Keistimewaan Ibadah Umroh bagi Umat Muslim

Salah satu fadilat umroh adalah Allah SUBHANAHU WA TA’ALA akan mengabulkan doa-doa para jemaah yang berdoa dengan khusyuk. Hal ini dijelaskan dalam hadis HR. Ibnu Majah dan Ibnu Hibban, diriwayatkan oleh Abu Huraira, Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda, “Orang yang mengerjakan haji dan umroh merupakan tamu Allah, maka jika mereka bermohon kepada-Nya, pastilah dikabulkan-Nya, dan jika mereka memohon ampunan pasti diampuni-Nya”.

  • Meninggal Saat Umroh, Pahala Dicatat sampai Hari Kiamat

Setiap orang yang beribadah umroh pasti menginginkan pulang ke tanah air dengan selamat dan sehat. Namun, para jemaah umroh yang meninggal saat melakukan umroh, pahalanya dicatat sampai hari kiamat. 

Hal ini sebagaimana diriwayatkan Abu Hurairah Ra, Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda, “Barang siapa keluar dalam melaksanakan haji lalu ia mati, niscaya dicatat baginya pahala seorang haji hingga hari kiamat. Barang siapa keluar dalam melaksanakan umroh lalu ia mati, niscaya dicatat baginya pahala seorang yang melaksanakan umroh sampai hari kiamat.”

Inilah 7 keutamaan umroh beserta dalil-dalilnya bagi umat muslim yang perlu diketahui. Nikmati semua fadilat ini dengan melakukan umroh bersama ESQ Tours. ESQ Tours telah menjadi agen tour travel terbaik dan tepercaya di Indonesia dan meraih World Halal Tourism Awards. Agen tour travel ini akan memberikan layanan terbaik sehingga pengalaman ibadah umroh Anda menjadi berkesan.

1
Assalamualaikum,
ada yang bisa kami bantu ?
Powered by