Inilah Macam-Macam Haji yang Perlu Diketahui

By November 21, 2019ESQ Haji
Ini-Dia-Keistimewaan-Umroh-Ramadhan-Yang-Perlu-Anda-Tahu

Ibadah haji menjadi rukun islam kelima yang wajib dilakukan bagi seseorang yang mampu secara lahir dan batin. Haji terbagi dalam beberapa jenis berdasarkan tata cara dan urutan pelaksanaannya. Muslim disunahkan untuk memilih salah satu di antaranya ketika berihram. Hal ini erat kaitannya dengan pelaksanaan umrah dalam ibadah haji. Masing-masing jenis memiliki dalil yang bisa dicermati.

Bingung jenis haji mana yang tepat untuk Anda? Inilah penjelasan tentang macam macam haji yang perlu diketahui!

Macam Macam Haji

Kenapa pelaksanaan haji masih terbagi-bagi lagi? Hal ini berkenaan dengan waktu pelaksanaannya. Setiap jemaah tidak berangkat di waktu yang sama dan terdiri dari beberapa kelompok terbang. Ada yang datang lebih awal, ada pula yang datang mendekati bulan Zulhijah. Simak pembahasan jenis-jenisnya berikut ini :

  • Haji ifrad

Haji ifrad mendahulukan haji daripada umrah. Setibanya di kota Makkah, jemaah melakukan tawaf qudum dan dilanjutkan salat dua rakaat di belakang makam Nabi Ibrahim. Setelah itu, dilakukan sai dari Shofa ke Marwah tanpa bertahalul. Haji ifrad terus berada dalam keadaan ihram sampai datang masa tahalul pada 10 Zulhijah. Orang yang melaksanakan haji ifrad tidak perlu menyembelih hewan kurban.

  • Haji qiran

Haji qiran merupakan penggabungan niat ibadah haji dan umrah sekaligus dan dikerjakan selama bulan-bulan haji. Jemaah akan berihram untuk umrah, kemudian berihram untuk haji. Seseorang yang melaksanakan haji ini menetapkan diri dalam keadaan ihram hingga tanggal 10 Zulhijah. Saat memasuki kota Makkah, dilakukan tawaf qudum dan dilanjutkan dengan salat di belakang makam Nabi Ibrahim a.s.

Baca Juga :  Auctor consectetur ligula gravida

Setelah itu, dilanjutkan satu sai antara Shofa dan Marwah untuk umrah dan haji sekaligus. Dalam pelaksanaan qiran, seseorang wajib menyembelih hewan kurban pada tanggal 10 Zulhijah atau hari-hari tasyrik. Bila tidak mampu menyembelih maka diwajibkan berpuasa selama 10 hari. Tiga hari di antaranya dilakukan selama masa haji, sedangkan tujuh hari lainnya dilakukan saat pulang haji.

  • Haji tamattu

Haji tamattu’ mendahulukan ibadah umrah, kemudian haji. Seseorang yang melakukan tamattu’ akan menunaikan umrah pada bulan-bulan haji, yakni Syawal, Zulkaidah, dan 10 hari pertama dari bulan Zulhijah. Lalu, dilanjutkan dengan tawaf umrah, sai umrah, dan bertahalul dari ihramnya. Ia diwajibkan menyembelih hewan kurban. Jika tak mampu, diwajibkan berpuasa 10 hari.

Manakah yang Lebih Utama?

Para ulama berbeda pendapat tentang topik ini. Mazhab Maliki dan Syafii berpendapat bahwa haji ifrad lebih utama. Pendapat mereka didukung dengan pendapat Utsman bin Affan, Umar bin Khattab, Ali bin Abi Thalib, Ibnu Umar, Ibnu Mas’ud dan Jabir bin Abdillah. Dalam pandangan mereka, haji ifrad lebih berat dikerjakan dan merupakan haji yang dilaksanakan Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam.

Untuk haji qiran, mazhab Hanafi  menyatakan bahwa haji ini yang paling utama. Pendapat ini didasari oleh hadis berikut:

Baca Juga :  Kisah Nabi Ibrahim As menjadi awal mula Ibadah Haji

“Telah diutus kepadaku utusan dari Tuhanku pada suatu malam dan utusan itu berkata, ‘Salatlah di lembah yang diberkahi ini dan katakan, ‘umrah di dalam haji’.” (Hadis Riwayat Bukhari)

Setelah turunnya hadis tersebut, Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam. yang awalnya berhaji secara ifrad. Lalu beliau diminta berbalik langkah untuk menjadi haji qiran.

Sementara itu, mazhab Hambali berpendapat bahwa urutan haji yang paling utama dimulai dari haji tamattu’, lalu haji ifrad, kemudian haji qiran. Sebagian besar umat Islam di Indonesia melaksanakan haji tamattu’. Pendapat ini juga didukung Ibnu Abbas, Ibnu Zubair, Ibnu Umar, dan Aisyah r.a.

Di antara macam macam haji yang telah disebutkan, tidak ada dalil tegas yang mengatakan keutamaan suatu haji lebih dari jenis haji lainnya. Terlebih, tak ada ketentuan yang mewajibkan ibadah haji disandingkan dengan umrah. Namun, memang sayang jika tidak melaksanakan umrah dan haji ketika sudah di tanah suci.

Demikian penjelasan tentang macam macam haji yang harus dicermati. Tentukan dan laksanakan salah satu dari ketiga jenis tersebut yang paling tepat untuk Anda. Apabila mencari agen perjalanan haji, pilihlah ESQ Tours. Nikmati perjalanan dengan layanan dari biro tur terbaik dan tepercaya di Indonesia peraih World Halal Tourism Awards. Semoga informasi di atas bermanfaat, ya.

1
Assalamualaikum,
ada yang bisa kami bantu ?