Skip to main content

Makna Ihram

By October 24, 2014April 23rd, 2018Hikmah
Makna Ihram ESQ Tours Travel - Umroh Haji

Hai orang yang beriman! Bersabarlah dan tabahlah. Pertahankan (negeri) dan bertawakallah kepada Allah, supaya kamu berjaya.” QS Ali ‘Imran (Keluarga ‘Imran) 3:200

Tanpa pemahaman yang baik tentang Rukun Iman, Rukun Islam, dan Ihsan, hasil haji akan terbatas pada ritual saja. Karena itu, sebelum melaksanakan ibadah puncak ini, sangat dianjurkan untuk melakukan penggalian ilmu lebih dulu melalui hati serta pikiran, tentang Iman, Islam, dan Ihsan yang sesungguhnya. Lalu, tetapkan visi yang kuat sehingga seusai ibadah haji, ia akan beroleh kekuatan yang dahsyat.

Baca Juga :  Ary Ginanjar, Tercekik di Multazam (Bag. 2)

Banyak orang melakukan ibadah haji hanya untuk “kepentingan setelah kematian” saja. Padahal, manfaat haji sangatlah esensial dalam kehidupan di dunia. Haji dianjurkan untuk dilakukan ketika manusia masih dalam usia produktif—sebagai modal dasar peningkatan ketangguhan pribadi dan ketangguhan sosial—sehingga manfaatnya bisa lebih optimum dirasakan dalam hidup kita; membangun dan menyejahterakan bumi; juga sebagai modal dasar dalam meraih keberhasilan dunia dan akhirat. Dari haji pulalah peningkatan kadar kecerdasan emosi dan spiritual mampu terpancarkan. Inilah  Makna Ihram yang sebenarnya.

Baca Juga :  ESQ Tours Travel dan JNE menjalin kerjasama Pemasaran Umrah ESQ 165

Oleh : Rasyid Taufik, Trainer ESQ Berlisensi DR. H.C Ary Ginanjar Agustian

Leave a Reply