Skip to main content

MELIHAT DRAGON BOAT FESTIVAL DI HONGKONG

Mayoritas etnis Tionghoa merayakan Duanwu atau yang populer disebut Dragon Boat Festival. Dalam kalender China, yang merupakan hari ke lima dari bulan ke lima. Bukan sembarang hari, karena menjadi hari perayaan Duanwu (Mandarin), Tuen Ng (Canton) atau yang disebut juga Dragon Boat Festival.

Secara makna, Dragon Boat Festival diadakan sebagai peringatan akan hidup seorang negarawan dan penyair China bernama Qu Yuan yang hidup antara tahun 340 dan 278 sebelum masehi di negara Chu. Dragon Boat Festival ini di selenggarakan di Hongkong yang dimana para persertanya tidak hanya warga Hongkong tetapi juga banyak peserta dari mancanegara.

Baca Juga :  SUBHANALLAH, KUMANDANG ADZAN DI MASJIDIL HARAM MENGGETARKAN JIWA

Asal usul bermulanya Dragon Boat Festival ini pada suatu waktu, negara Gin berkeinginan untuk menginvasi negara Chu. Mengetahui hal itu, Qu Yuan berencana untuk memperkuat militer negara Chu. Namun alih-alih dianggap, Qu Yuan malah ditentang dan dikucilkan oleh kaum bangsawan Chu. Pada akhirnya, negara Chu pun harus takluk di bawah negara Qin.

Melihat kekalahan bangsanya, Qu Yuan yang kecewa akhirnya memilih untuk menenggelamkan dirinya di Sungai Miluo. Walau pun endingnya cukup tratis, namun akhirnya orang-orang Chu mengenang jasa Qu Yuan. Mengetahui kematiannnya, orang-orang pun melemparkan makanan sejenis bakcang ke sungai agar ikan-ikan tidak memakan jenazah Qu Yuan. Tak sedikit juga nelayan yang yang menyusuri sungai untuk mencarinya. Itulah asal-usul dari Dragon Boat Festival yang masih dirayakan hingga hari ini. Bedanya, Dragon Boat Festival kini lebih meriah dengan perlombaan perahu naga.

Baca Juga :  Melihat Jejak Sejarah Islam di Tanah Eropa Melalui Andalusia

Rencanakan agenda berwisata Anda bersama ESQ Tours & Travel, terdapat pilihan paket wisata dari mancanegara, dalam negri hingga wisata religi paket umroh.