MEMAKNAI KESEDERHANAAN YANG DIAJARKAN LEWAT IBADAH HAJI

By November 13, 2017ESQ Haji
ESQ Tours Travel | biro perjalanan haji terbaik indonesia | biaya haji plus 2018 | daftar haji 2018

Siapa yang tak ingin pergi ke Tanah Suci. Semua umat Muslim di seluruh penjuru dunia pastilah sangat ingin menunaikan Rukun Islam ke 5 ini. Mengunjungi Baitullah. Menyaksikan bagaimana orang-orang datang dengan hati yang ikhlas untuk beribadah kepada Allah SWT.

Namun, sangat disayangkan. Masih banyak yang sampai saat ini hanya fokus pada ritualnya saja, tanpa memaknai setiap arti dari ritual tersebut. Karena dalam setiap ritual ibadah haji yang kita jalankan di Tanah Suci, mengandung makna mendalam yang sangat menggambarkan bagaimana seharusnya kita menjalani hidup.

Ibadah haji merupakan perjalanan spiritual yang syarat akan hikmah. Rangkaian prosesi yang di jalankan pada saat ibadah haji dari sejak niat memasukinya (ihram) hingga saat ibadah haji berakhir dengan thawaf wada sangat memberikan banyak pelajaran yang dapat kita petik. Diantaranya adalah soal kesederhanaan. Hal ini akan sangat dirasakan oleh setiap jamaah yang berhaji.

Baca Juga :  Lokasi Dim Sum Halal di Hong Kong - Plesiran ke Hong Kong

Sederhana dalam artian meninggalkan kemewahan dan perlahan menjauhi sikap berlebihan dalam kemubahan dunia adalah salah satu sikap terpuji. Seperti firman Allah SWT dalam dalam QS Al-Araf [7]: 31 : “Makan dan minumlah kalian dan jangan belebihan, sesungguhnya dia membenci orang yang berlebih-lebihan” .

Sikap sederhana dan menjauhi kemewahan dunia lebih dekat maknanya kepada kepada iman dan takwa. Sementara kemewahan seringkali menjerumuskan seseorang kepada dosa dan kekufuran. Karenanya Allah mengabarkan orang-orang yang bermegah-megahanlah yang sering kali menjadi musuh para Rasul. Allah SWT, berfirman (yang artinya), “Tidaklah kami utus pada sebuah negeri seorang pemberi peringatan, melainkan akan berkata orang-orang yang bermegah-megahan di negeri tersebut, “Sesungguhnya kami kufur terhadap ajaran yang kamu diutus dengannya.” (QS Saba [34]: 34).

Baca Juga :  Penggabungan Kualitas Pelayanan dan Materi Spiritual di Paket Perjalanan ESQ Tours Travel

Ibadah haji juga mendidik manusia untuk selalu memandang bahwa sesungguhnya kemulian tidak diukur oleh penampilan lahir. Pakaian ihram yang seragam bagi kaum laki-laki dengan rida` (kain ihram bagian atas) dan izar (kain ihram bagian bawah) sangat jelas menggambarkan bahwa manusia di sisi Allah tidak dinilai dari pakaian yang membalut jasadnya.

Begitu mendalam makna kesederhanaan yang diajarkan lewat ibadah haji. Bagaimana dengan Anda? Ingin merasakan langsung bagaimana indahnya beribadah di tanah suci dengan bimbingan pemaknaan di setiap ritualnya?

SEGERA DAFTARKAN diri ANDA untuk BERHAJI bersama ESQ TOURS & TRAVEL. Biro perjalanan HAJI dan Umroh TERPERCAYA yang telah mendapatkan penghargaan dari WORLD HALAL TOURISM AWARD 2016 sebagai “World’s Best Hajj and Umrah Operator 2016“

Leave a Reply

1
Assalamualaikum,
ada yang bisa kami bantu ?