Skip to main content

MENGUNJUNGI TEMPAT WISATA BERSEJARAH DI KOTA BURSA DI TURKI

Berwisata ke Turki tak melulu harus mengunjungi Istanbul dan Ankara, Bursa juga menjadi destinasi favorit wisatawan yang mengunjungi Turki. Di Bursa menyimpan banyak peninggalan sejarah Islam. Kota Bursa merupakan kawasan Industri yang terkemuka di Turki.

Kota Bursa terletak di kawasan Kartal yang berada di tepi laut Marmara, tepatnya antara kota Meltepe dan Pendik. Daerah ini merupakan salah satu distrik Istanbul yang berada di benua Asia yang padat dengan penduduk. Bursa juga merupakan kota yang terletak di kaki Gunung Uludag setinggi kurang lebih 2500 mdl. Wilayah pegunungan ini merupakan winter resort yang terkenal di Turki.

Baca Juga :  Ingin Tahu Nikmatnya Ramadhan di Makkah? Simak 4 Hal Ini

Kota Bursa memiliki sejarah yang sangat panjang, kota ini didirikan oleh Prusias yang merupakan Raja Bythania pada tahun 230-192 SM. Oleh karena itu Raja Bythania menjadi orang yang pertama berkuasa, tidak heran juka kawasan ini disebut dengan Prusa yang diambil dari nama sang raja selepas dari kekuasaan para penguasa Persia, Yunani, Romawi, dan Byzantium.

Baca Juga :  MEMAHAMI TANAH MUZDALIFAH BAGI PARA JAMAH HAJI DARI MASA KE MASA

Sebelum Konstantinopel direbut pada tahun 1453 masehi dibawah kepemimpinan Sultan Mehmet II atau biasa dikenal dengan Muhammad al-Fatih. Dinasti Usmaniyyah punya ibukota lain Bursa dan Edirne. Posisi Bursa dalam sejarah dinasti ini teramat penting, ia menjadi ibukota pertama setelah Orhan, putera Osman Gazi. Yang menjadikan salah satu dinasti kekhalifahan Islam yang paling berpengaruh di tiga benua selama 6 abad lamanya.