Skip to main content

4 Masjid Termegah di Indonesia

By October 10, 2014Berita Terkini
4 Masjid Termegah di Indonesia - ESQ Tours Travel

Sebagai negara yang berpenduduk mayoritas Islam, Indonesia memiliki banyak masjid yang sangat megah. Selain kemegahannya, Masjid di Indonesia memiliki nilaisejarah yang sangat tinggi serta memiliki arsitektur yang sangat menakjubkan. Berikut 4 masjid termegah di Indonesia.

1. Masjid Raya Al-Mashun, Medan
Arsitek Belanda Van Erp merancang masjid ini dengan gaya campuran Maroko, Eropa, Melayu dan Timur Tengah, dengan denah simetris segi delapan. Bentuk persegi delapan ini membuat masjid yang lebih dikenal dengan Masjid Raya Medan ini memiliki ruang dalam yang berbeda dari masjid pada umumnya. Keempat penjuru masjid memiliki beranda dengan atap tinggi berkubah warna hitam, melengkapi kubah utama di atap bangunan utama. Sebagian bahan bangunan masjid ini didatangkan dari luar negeri, seperti marmer dari Italia dan Jerman, kaca patri dari Cina, dan lampu gantung buatan Perancis.

4 Mesjid Termegah di Indonesia - ESQ Tours Travel

2. Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh
Masjid megah yang menyerupai Taj Mahal ini dibangun pada tahun1612 oleh Sultan Iskandar Muda. Dengan luas 4.760 m2, masjid dengan ornamen pintu krawang, lampu gantung, dan kaligrafi ayat-ayat Al-Quran dari bahan kuningan ini mampu menampung 9.000 jamaah. Setelah berulang kali renovasi dan perluasan, kini Masjid Naiturrahman memiliki 4 buah kubah, 7 menara, 1 menara induk, dilengkapi dengan kolam dan air mancur bergaya kesultanan Turki Utsmani.

Baca Juga :  PENGERTIAN SA’I DAN PROSES MELAKSANAKAN SA’I

4 Mesjid Termegah di Indonesia - ESQ Tours Travel

3. Masjid Dian Al-Mahri
Lebih dikenal dengan sebutan Masjid Kubah Emas, rancang bangun masjid ini berkiblat pada arsitektur masjid Timur Tengah yaitu dilengkapi dengan kubah, menara (minaret), halaman dalam (plaza), dan detail dekoratif berupa elemen geometris dan obelisk. Masjid ini memiliki 5 buah kubah nyang semuanya dilapisi emas setebal 2-3 meter dihiasi mozaik kristal, serta relief diatas mihrab dan kaligrafi di langit-langit yang terbuat dari emas 18 karat. Mahkota pilar masjid berjumlah 168 buah pun berlapis material sisa emas (prado). Dengan luas bangunan 8.000 m2, masjid ini mampu menampung 20.000 jamaah. Masjid Kubah Emas ini terletak di Depok Jawa Barat.

Baca Juga :  Pemahaman Tentang Multazam dan Tata Cara Berdoa di Multazam

4 Mesjid Termegah di Indonesia - ESQ Tours Travel

4. Masjid Agung, Natuna
Masjid yang diresmikan tahun 2009 ini merupakan masjid terbesar di Propinsi Kepulauan Riau. Memiliki ruang dalam yang sangat luas dan diterangi cahaya alami dari kubah masjid, satu barisan shaf di masjid ini dapat memuat hingga 180 jamaah, Mengambil inspirasi desain dari Al Qur’an, Masjid Raya Natuna dilengkapi dengan 6 buah menara (minaret) yang melambangkan 6 rukun Islam, kubah yang menyerupai Taj Mahal, serta latar belakang mihrab dari kayu dengan motif hias lengkung dan busur yang khas.

4 Mesjid Termegah di Indonesia - ESQ Tours Travel

Umroh Haji ESQ Tours Travel
Sumber: Majalah Aeromedia

Leave a Reply