Ini 5 Daya Tarik Tour Al Aqsa Saat Umroh

By February 11, 2020 ESQ Umrah
Ini-5-Daya-Tarik-Tour-Al-Aqsa-Saat-Umroh-esq-tours-travel-

Saat ini setelah menjalankan ibadah umrah, umat Islam ingin dapat berwisata religi bersama keluarga.  Oleh karenanya, banyak agen travel yang menawarkan umrah plus wisata sejarah Islam yang menarik. Tujuannya adalah untuk membuka wawasan jemaah terkait peradaban Islam dan sejarahnya.

Salah satu yang ditawarkan adalah umrah plus Aqsa. Umrah plus ini akan mengajak para jemaah mengikuti Tour Al Aqsa setelah ibadah umrah berakhir. Sayangnya, umrah plus Aqsa ini belum banyak dikenal calon jemaah pada umumnya. Padahal banyak daya tarik yang ditawarkan ketika mengikuti umrah plus tour Al Aqsa ini.  

Masjidil Aqsa sendiri terletak di kota Yerusalem, kota yang memiliki tiga agama besar yaitu Islam, Kristen, dan Yahudi. Jika dibandingkan kota lainnya di sekitar Palestina, kota ini memiliki daya tarik tersendiri. Hal ini disebabkan kota ini memiliki nilai religius dan nilai historis yang begitu kental. 

Selain diajak mengunjungi Kompleks Masjid Al Aqsa, peserta tour juga akan berziarah ke makam para nabi yang tersebar di sekitar Kota Yerusalem. Lalu apa saja yang menjadi daya tarik  Tour Al Aqsa ini, khususnya saat mengunjungi kompleks besar Masjid Al Aqsa? Berikut ini ulasannya.

  1. Kubah Biru, Kubah Shakhrah, Kubah Mi’raj, dan Kubah Nabi

Peserta tour akan beribadah di Jami’ Al Aqsa yang merupakan tempat salat di kompleks Masjid Al Aqsa bagian selatan. Bangunan ini berciri khas kubah biru keabu-abuan dengan luas sekitar 35.000 M2 dan dapat menampung sekitar 5.000 jemaah. 

Di bagian tengah Masjid Al Aqsa juga terdapat Kubah Shakhrah, yang  bangunannya berbentuk persegi delapan dan berkubah emas. Bangunan ini diperkirakan didirikan pada masa Khalifah Bani Umayyah Abdul Malik dan putranya, Al Walid I. Bangunan ini bahkan sempat menjadi gereja Templum Domini (Kuil atau Bait Tuhan) selama kepemimpinan Kerajaan Kristen Yerusalem.

Di sebelah Kubah Shakhrah berdiri Kubah Mi’raj yaitu kubah mandiri yang didirikan oleh Tentara Salib. Sebagai bagian dari Templum Domini atau Kuil Tuhan, kemungkinan besar tempat ini dahulu digunakan sebagai tempat pembaptisan. 

Kubah Nabi atau Kubah Jibril sendiri merupakan kubah mandiri yang berada di Masjid Al Aqsa sebelah utara. Kubah yang didirikan pada tahun 1538 oleh Muhammad Bey, Gubernur Yerusalem di masa Utsmaniyah ini, konon dipakai oleh Nabi Muhammad Saw menjadi imam para nabi untuk salat berjamaah saat peristiwa Isra’ Mi’raj. Menarik sekali, bukan?

 

  • Air Mancur Qayt Bay dan Air Mancur Qasim Pasya
Baca Juga :  5 Tips Umroh Bersama Anak agar Terasa Lebih Menyenangkan

 

Air mancur Qayt Bay merupakan air mancur umum yang terletak di Masjidil Aqsa bagian barat, berjarak 50 meter sebelah barat Kubah Shakhrah. Air mancur ini dibangun pada tahun 1455 atas perintah Sultan Mesir, Al Ashraf Saifuddin Enal. 

Sedangkan Air mancur Qasim Pasya yang dikenal dengan Air Mancur Jeruk Pahit, merupakan air mancur tempat wudu dan minum yang terletak di pelataran barat Masjid Al Aqsa. Bangunan ini menjadi bangunan umum pertama di komplekss Masjid Al Aqsa di masa pemerintahan Turki Utsmani.

 

  • Museum Islam

 

Museum Islam berdiri tak jauh dari Jami’ Al Aqsa, sebagai ruang pertemuan untuk Madrasah Fakhruddin Muhammad. Madrasah ini didirikan pada masa Al Mansur Qalawun, Sultan Mamluk Mesir dan menjadi museum pada tahun 1923. Museum ini juga menampilkan 600 salinan Alquran, yang disumbangkan kepada Masjid Al Aqsa di masa pemerintahan Umayyah, Abbasiyyah, Fatimiyyah, Mamluk, dan Utsmani.

 

  • Menara Masjid
Baca Juga :  Kenapa Harus Umroh Selagi Muda ? | Travel Umroh 165

 

Peserta Tour Al Aqsa dapat menyaksikan 4 menara masjid di sisi selatan, utara, dan barat. Menara pertama berada di sebelah barat daya yaitu Al Fakhariyyah, dibangun atas perintah Sultan Mamluk, Lajin pada tahun 1278.

Menara yang dibangun dalam gaya tradisional Suriah ini memiliki landasan dan poros bangunan berbentuk persegi, terbagi menjadi tiga lantai dengan cetakan hias. Di bagian atas terdapat dua deret muqarnas atau ceruk hias sebagai hiasan balkon muazin. 

 

  • Gerbang Al Mawazin 

 

Gerbang Al Mawazin merupakan 8 gerbang yang berdiri mandiri dan mengelilingi Kubah Batu. Setiap gerbang terdiri dari 2 – 4  lengkungan.

Nah, itulah daya tarik mengikuti Tour Al Aqso setelah umrah selesai. Perlu diketahui, Masjid Al Aqsa merupakan masjid yang dianggap penting bagi umat Islam. Umat Islam yang beribadah di sini bahkan dikatakan akan diampuni segala dosanya, Amien.

Nah, apabila Anda ingin mendapatkan pengalaman istimewa menyaksikan keindahan kompleks masjid Al Aqsa secara langsung dan beribadah di sana, Anda bisa segera bergabung dengan ESQ Tours. ESQ Tours merupakan agen tour travel terbaik dan tepercaya di Indonesia peraih World Halal Tourism Awards.

1
Assalamualaikum,
ada yang bisa kami bantu ?
Powered by