Skip to main content

INILAH FAKTA TENTANG MASJID NABAWI YANG MUNGKIN ANDA BELUM TAHU

INILAH FAKTA TENTANG MASJID NABAWI YANG MUNGKIN ANDA BELUM TAHU

Madinah merupakan salah satu masjid yang sangat indah di Kota Madinah, yang paling disucikan umat Muslim dunia. Masjid Nabawi di Madinah merupakan salah satu masjid yang didirikan oleh Nabi Muhammad SAW. Seperti yang telah banyak diketahui, masjid ini menjadi masjid terbesar kedua di dunia setelah Masjidil Haram di Mekkah. Masjid Nabawi juga merupakan tujuan bagi umat muslim yang ingin berziarah ke makam Nabi Muhammad SAW dan para sahabat. Selain kedua fakta tersebut, berikut ini adalah fakta menarik lainya mengenai masjid Nabawi :

1. Sempat Terbakar
Beberapa ratus tahun setelah didirikan, Masjid Nabawi sempat terbakar. Kobaran apinya menghancurkan atap, tiang masjid hingga dinding pembatas makam Nabi Muhammad SAW.

2. Tempat Pertama Yang Dialiri Listrik Di Jazirah Arab
Ketika Kerajaan Ottoman memperkenalkan listrik di Jazirah Arab, tempat pertama yang menikmati listrik merupakan Masjid Nabawi pada tahun 1909.

Baca Juga :  Umat Muslim Perlu Datang ke Masjid Al-Aqsha | Paket Tour Al Aqsha

3. Memiliki Tiga Mihrab
Mihrab merupakan bagian dari masjid yang dipakai oleh imam untuk memimpin shalat. Biasanya masjid hanya mempunyai 1 mihrab saja, tetapi berbeda dengan Nabawi yang memiliki tiga mihrab.
Satu mihrab yang digunakan sang imam memimpin shalat berjamaah. Mihrab lainnya adalah Suleymaniye yang dibangun atas perintah Sultan Suleyman untuk imam Hanafi memimpin shalat. Sedangkan satu mihrab lagi untuk imam Maliki yang dulunya sering ditempati Rasulullah untuk memimpin shalat.

4. Payung Raksasa Dibuat Dengan Kerjasama Perusahaan Jerman Dan Jepang
Di pelataran Masjid ada puluhan payung raksasa yang otomatis terbuka sebelum adzan subuh dan menutup menjelang maghrib. Payung-payung itu ditempatkan pada tahun 2010 sebagai proyek Medina Haram. Proyek tersebut melibatkan berbagai pihak salah satunya adalah pihak perusahaan Jerman dan Jepang.

Baca Juga :  TANAH SUCI YANG SELALU MEMBUAT RINDU SEMUA UMAT MUSLIM

5. Pita Yang Bisa Menurunkan Suhu
Pada pinggir payung raksasa, terdapat pita biru yang mengelilingi. Pita tersebut terbuat dari material khusus, di mana pita bisa membuat suhu dibawahnya turun 8 derajat celcius secara otomatis jika suhu mencapai 45 derajat celcius. Tak heran banyak jamaah yang senang berlindung di bawah payung-payung raksasa tersebut.

Itulah 5 fakta menarik tentang Masjid Nabawi yang penting untuk Anda ketahui, menarik sekali bukan ? Pastikan perjalanan Tour, Umrah, dan Haji Anda menggunakan ESQ Tours Travel. Untuk keberangkatan Umrah kami dalam waktu dekat ada di tanggal 25 Januari dan 5 Februari 2017. Jika Anda ingin Tour berlibur ke Turki bisa di tanggal 29 Januari 2017. Hubungi kami segera untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.