Islam Sudah Lama Masuk Ke Korea Selatan? (Part #3)

07---Tours---Golden-civilization---Islam-Sudah-Lama-Masuk-Ke-Korea-Selatan

Meaningful Journey – Setelah membahas awal mula Islam masuk Korea Selatan, sekarang kita akan melihat bagaimana perkembangan Islam di Korea saat ini. Apakah melalui banyak rintangan atau lancar tanpa kendala.

Untuk itu, pada artikel ini kita akan mengupas perjalanan Islam setelah abad ke-20 hingga sekarang. Karena banyak kisah menarik yang dapat menjadi pembelajaran dan menambah pengetahuan akan Islam.

Semenjak tahun 1970-an perkembangan Islam cukup pesat, banyak warga asli Korea Selatan tertarik mempelajari Islam. Tak sedikit pula, di antara mereka berpindah menjadi mualaf. Akan tetapi, kisah menyenangkan tersebut tidak berlangsung lama.

Selepas kasus penyerangan teroris yang terjadi di Amerika Serikat pada tahun 2001 cukup memberikan dampak negatif mengenai Islam di mata warga Korea Selatan. Banyak dari mereka menganggap Islam adalah agama teroris, seperti ISIS dan Al-Qaeda.

Baca Juga :  4 Destinasi Terbaik Untuk Menikmati Musim Semi di Luar Negeri

Dan hal ini semakin diperkuat dengan banyaknya warga Korea Selatan yang mengalami penyanderaan di Afganistan. Pada masa itu, setelah perang Korea berakhir pemerintah membuat sebuah program dengan misi kemanusian yang banyak diikuti oleh anak-anak muda.

Dalam program ini, anak muda selaku relawan akan dikirim ke berbagai negara untuk membantu orang-orang di sana. Salah satu tempat tujuannya adalah Afganistan.

Namun, saat mengirimkan anak muda ke Afganistan terjadi sebuah peristiwa mengejutkan yakni, adanya penyergapan warga Korea oleh Taliban. Kejadian ini sangat menghebohkan warga Korea Selatan dan membuat mereka melakukan demonstrasi kecil di depan Masjid Sentral Korea.

Permasalahan ini pun menjadi titik balik dari perkembangan Islam. Bahkan, beberapa muslim yang menerima perlakuan diskriminasi oleh warga Korea lainnya, seperti hujatan dan hinaan.

Baca Juga :  Bebas Visa, Ini Panduan dan Tips Liburan ke Uzbekistan

Saat itulah perkembangan Islam di Korea Selatan menjadi lebih lambat. Dikarenakan selepas kejadian penyanderaan Taliban terjadi, Islam terkenal dengan agama teroris.

Walaupun begitu, tidak membuat para muslim Korea khususnya anak muda menyerah untuk penyebaran Islam lebih luas. Mereka melakukan inovasi-inovasi, untuk mendakwah demi meluruskan kesalahpahaman dan stereotip negatif akan Islam di Korea Selatan.

Tahap demi tahapan yang dilakukan untuk membersihkan citra Islam pun membuahkan hasil yang cukup baik. Sebagian kecil warga korea sudah mampu menerima Islam kembali.

Hal ini dapat terlihat dari banyaknya restoran ataupun penginapan muslim yang sudah banyak tersedia. So, buat para muslim yang ingin berwisata di Korea tidak perlu khawatir untuk mencari tempat ibadah ataupun makanan halal.

1
Assalamualaikum,
ada yang bisa kami bantu ?