Skip to main content

INILAH MASJID PERTAMA YANG DI BANGUN RASULULLAH, YANG MEMBUAT JAMAAH HAJI INDONESIA TERPUKAU

By August 8, 2017November 14th, 2017Berita, Berita Terkini, ESQ Haji, Haji
Daftar Haji Plus 2018

Cuaca panas yang menyengat tak menyurutkan rombongan jamaah haji untuk mengunjungi ke Masjid Quba, masjid yang dibangun pertama kali oleh Nabi Muhammad SAW. Jemaah berbondong-bondong datang silih berganti. Masjid yang terletak 5 kilometer sebelah tenggara Kota Madinah Al-Munawwarah tersebut. Suhu yang mencapai 41 derajat celcius membuat para jamaah terkaget-kaget dengan cuaca panasnya. Di beberapa sudur masjid tampak jamaah haji asal Indonesia dari berbagai daerah beraktifitas.

Ada yang menunaikan ibadah shalat di dalam masjid, ada pun yang sekedar berisitirahat di dalam masjid, ada pula yang berfoto-foto, ataupun sekedar berbelanja di sekitar masjid. “Saya tadi salat tahiyatul masjid, duha, dan taubat. Salat di sini sama dengan ibadah umrah satu kali,” ungkap salah satu jemaah asal Kabupaten Bogor.

Baca Juga :  Apa itu visa Haji Furoda ? ini keuntungan dan persyaratannya

Sebelumnya para rombongan jamaah haji asal Indonsia tersebut mengunjungi Jabal Uhud (gunung tempat pertemuan Rasulullah dan sahabat melawan kaum Quraisy), dan kebun kurma. Masjid Quba dibangun pada tahun 1 Hijriah atau 622 Masehi. Saat ini kondisinya jelas berbeda dengan bangunan awal. Gedungnya tampak megah dan berkapasitas 20 ribu orang. Pintu masuknya berjumlah 19 titik, perubahan ini terjadi pada masa kekhalifahan. Sejak pemberangkatan pertama , lebih dari 67 ribu jemaah Indonesia telah tiba di Madinah.Pada puncak haji, akhir Agustus mendatang, seluruh jemaah yang berjumlah lebih dari 200 ribu orang akan berkumpul di Padang Arafah: berzikir dan berdoa serta menjalankan tahapan-tahapan berhaji

Baca Juga :  MEMAKNAI KESEDERHANAAN YANG DIAJARKAN LEWAT IBADAH HAJI

 

1
Assalamualaikum,
ada yang bisa kami bantu ?