Skip to main content

MELIHAT INDAHNYA UZBEKISTAN, YANG MEMPESONA SEBAGAI NEGARA MUSLIM

Pesona Uzbekistan memang tak lepas dari wanitanya yang berparas cantik. Namun sejarah mencatat, bahwa Uzbekistan yang dahulunya menjadi Jalur Sutra turut diwarnai ratusan peninggalan arsitektur Islam.

Aneka jejak peradaban Islam pun dapat Anda lihat di Kota Bukhara yang merupakan Situs Warisan Dunia oleh UNESCO. Diketahui ada lebih dari 140 peninggalan arsitektur yang dibangun pada abad pertengahan. Beberapa bahkan dibuat sekitar 2300 tahun silam.

Baca Juga :  Ingin Tahu Nikmatnya Ramadhan di Makkah? Simak 4 Hal Ini

Mayoritas peninggalan arsitektur kota ini adalah hasil pendudukan Kara Khanid dan Karakitai, dua kerajaan Islam yang bernaung di Bukhara selama dua abad. Beberapa di antaranya adalah Mausoleum of Samani, The Mosque of Chor Minor, Madrasah of Ulugbek, dan The Palace of Emir of Bukhara.

Sedangkan di ibu kota Tashkent, tersimpan Mushaf Alquran pertama yang dibuat pada masa Utsman bin Affan. Dalam Mushaf ini masih terdapat bekas ceceran darah Utsman yang meninggal ditebas pedang saat membaca surat Al Baqarah.

Baca Juga :  KETAHUILAH TOLAK UKUR SESEORANG MAMPU DALAM BERIBADAH HAJI

Di Samarkand pun terdapat makam Imam Bukhori, ahli hadits kenamaan. Ada juga makam ulama besar pendiri Thariqat Naqsabandiyah yang memiliki ribuan pengikut di Indonesia. Banyak sekali ya.

Rencanakan agenda berwisata Anda bersama ESQ Tours & Travel, terdapat pilihan paket wisata dari mancanegara, dalam negri hingga wisata religi paket umroh.