Skip to main content

Pesta Umat Islam 10 hari terakhir Ramadhan 1435 H

Oleh : Muhammad Solihin, General Manager ESQ Tours Travel.

Adalah impian setiap umat muslim untuk mendapatkan kesempatan menyelesaikan 10 hari terakhir Ramadhan di Masjidil Haram Mekkah, pun sama dengan rombongan umrah ESQ Tours yang berjumlah 30 orang, harapan  kami semua cuman satu “ Ya Allah beri kesempatan kepada kami untuk mendapatkan malam 1000 bulan kebaikan ”.

Hari yang dinanti pun tiba, kami berangkat menuju Mekkah 18 Juli dengan tepat waktu. Dan langsung menuju Masjidil haram. Rasa takjub ketika menginjakkan kaki di Masijdil Haram,  dihari biasa saja suasana Masjidil Haram begitu ramai, apalagi di 10 hari terkahir ini, semarak warga asli Saudi Arabia,  timur tengah ditambah dengan pendatang dari seluruh benua” tumplek blek” di sini. Mereka membaur menjadi satu, berthawaf, Sai, Sholat, Sahur dan Buka puasa bersama sama…

Umat Muslim “berpesta” itulah ungkapan yang pantas disematkan untuk menggabarkan suasana ini, bagaimana tidak, setiap orang yang ada berlomba lompa untuk memberikan sedekah uang dan makan untuk setiap orang, mereka tidak melihat warna kulit, bentuk tubuh, tua muda semuanya berbagi kebahgian, semuanya berbagi makanan. Mereka berthawaf, tak peduli dengan panas yang mencapai 40derajat Celsius membakar tubuh mereka. Semua nya bergembira, ikhlas, bedzikir meninggikan asma Allah SWT.

Kegiatan dimulai dari Sahur yang dilakukan di hotel, Alhamdulillah hotel kami cukup dekat dengan Masjid, keluar hotel langsung pelataran Masjid.  Kemudian kami menuju masjidil haram untuk menunaikan sholat subuh. Setelah itu jamaah kembali ke hotel untuk istirahat sampai menjelang Dhuhur. Harus dipastikan 2 jam sebelum Dhuhur jamaah sudah harus menuju ke dalam Masjid , jika mau sholat dekat dengan Ka’bah. Thawaf Sunnah adalah pekerjaan rutin dilakukan, suatu Ibadah yang hanya bisa dilakukan di Masjidil Haram.

Baca Juga :  Birrul Walidain: Kunci Kesuksesan Finansial dan Intelektual

Sholat Dhuhur pun usai, sebagian jamaah pulang ke hotel, namun ada sebagian memilih itikaf dan beristirahat didalam masjid, mereka membaca Al Quran atau hanya sekedar ngobrol ringan tentang Pilpres dengan jamaah satu rombongan.. atau bahkan berbincang ringan dengan sesama muslim dari Afrika, Eropa, Timur Tengah, Asia Timur. Surprise…. Indonesia sangatlah terkenal disini, meraka pasti menanyakan “ how is Indonesia? Lovely country with the biggest Islam country in the world” kami pun tak lupa mohon doa agar Pilpres berjalan dengan damai… mereka menunggu waktu Sholat Ashar. Pernakah kita melakukan ini di Indonesia?

1 jam menjelang Magrib dapat dipastikan suasana di Masjid sangat ramai, mereka membawa makanan masing masing dan di bagikan satu sdo, semuanya berjalan dengan rapi, dan mereka berdiri rapat dan lurus untuk memulai Sholat Magrib.. Allahu Akbar…

jamaah-umrah-plus-eropa-esq-tours-travel-2014

Gambar : Keluarga Bapak Syahrani Budi, peserta jamaah Umroh Plus Eropa ESQ Tours Travel.

Selesai Sholat Magrib, kami bergegas ke Restoran hotel untuk makan, kami hanya punya waktu 1 jam untuk santap Buka Puasa kerena jam 20:30 kami harus sudah berada kembali ke Masjidil Haram untuk mendapatkan tempat yang ideal Sholat Isya’ dan terawih. Alhamdulillah Isya’ dan dilanjukan dengan terawih 20 rokaat. Bagi kami umat Islam di Indonesia, biasanya Sholat terawih paling lama hanya 1 jam termasuk ceramah dan witir. Tapi disini, setiap Rokaat surat yang dibaca oleh Imam adalah satu Ain, selama 20 rokaat harus selesai satu Juz.. lebih kurang 2 jam untuk menyelesaikan sholat terawih saja. Kok kuat berdiri selama itu, Alhamdulillah Imam Masjidil Haram membacanya sangat merdu, tak terasa airmata ini meleleh tanpa kita sadari mendengar bacaan surah surah Al Quran tersebut.

Baca Juga :  MENGGAPAI BAITULLAH MENJADI PENGALAMAN TAK TERLUPAKAN SEPANJANG HIDUP

Selepas terawih kami pun kembali ke hotel untuk istirahat sejenak lebih kurang 2 jam. Karena jam 1 dini hari kami harus kembali ke Masjid untuk menunaikan Sholat Tahajud bersama 10 Rokaat, dan diakhiri dengan witir 3 rokaat.

Suasana seperti ini yang tidak didapatkan di Indonesia, Kata Ibu Tuti salah satu jamaah yang setiap tahun berangkat bersama ESQ Tours. Beliau rela mengeluarkan uang 70 juta hanya untuk mendapatkan suasana seperti ini. Beliau harus memastikan hotelnya dekat dengan Masjid untuk memudahkan melaksanakan ibadah di Masjid, makanan enak, dan punya waktu yang cukup untuk beristirahat di siang hari.

Kami bersama rombongan masih menyisakan 10 hari lagi Mekkah ini, lelah, capek, ngantuk tidaklah seberapa dibandingkan dengan Rahmat yang kami dapatkan.. semoga kami mendapatkan malam 1000 bulan. Amin…

ESQ Tours Travel, Umrah Murah Terpercaya

Leave a Reply